Android Jadi Lemot Saat Dipakai? Begini Cara Mengatasinya

Yusuf Tirtayasa
Senin 26 Juni 2023, 12:11 WIB
Ilustrasi android lemot (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi android lemot (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Smartphone Android tengah menjadi tren hingga saat ini. Android bahkan masih memimpin dalam hal pangsa pasar terhitung per Mei 2023.

Menurut data dari StatCounter, Android mendominasi pangsa sistem operasi smartphone global dengan pangsa 67,72 persen, diikuti oleh iOS dengan 31,44 persen.

Saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Baik itu untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman atau kolega, mengelola jadwal kerja, mengabadikan momen berharga melalui foto dan video, atau mengakses banyak informasi dengan satu ketukan, smartphone telah merevolusi cara kita berinteraksi dengan teknologi.

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu mungkin mendapati smartphone Android yang dulu responsif mulai menjadi lamban atau lemot.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah trik penting untuk membantu kamu mempertahankan dan mengoptimalkan kinerja smartphone Android kesayangan.

1. Nonaktifkan atau hapus bloatware

Banyak perangkat Android dilengkapi dengan bloatware—aplikasi tidak penting yang sering berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya sistem.

Nonaktifkan atau copot aplikasi ini untuk meningkatkan performa perangkat. Buka Pengaturan > Aplikasi > [Nama Aplikasi] > Nonaktifkan atau Copot Pemasangan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini