YouTube Kembangkan Fitur Dubbing Berbasis Teknologi AI, Begini Fungsinya

Yusuf Tirtayasa
Senin 26 Juni 2023, 14:48 WIB
Ilustrasi aplikasi YouTube. (Sumber : unsplash.com/rswebsols)

Ilustrasi aplikasi YouTube. (Sumber : unsplash.com/rswebsols)

LABVIRAL.COM - YouTube dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru, yakni fitur dubbing dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Dalam pengembangan fitur ini, YouTube menggandeng Aloud untuk mempermudah kreator YouTube menerjemahkan suara dari satu bahasa ke bahasa lain secara instan dan gratis.

Melansir dari laman The Verge, Aloud merupakan produk jebolan Area 120, ikubator internal Google untuk proyek eksperimental. Aloud membantu para kreator dengan mentranskripsikan, menerjemahkan, dan menarasikan video mereka. 

Dalam sebuah video demonstrasi menunjukkan bahwa ketika telah mendapatkan akses saat menggunakan fitur ini, kreator hanya perlu mengunggah video yang ingin di-dubbing. Setelah itu, Aloud akan mentranskripsikan video. 

Baca Juga: 6 Aplikasi YouTube Downloader Terbaik, Tanpa Iklan dan Spam!

Di sini pengguna dapat meninjau dan mengedit hasil transkripsi tersebut. Kemudian, transkrip tersebut akan diterjemahkan ke bahasa yang dipilih pengguna. Setelah itu, hasil terjemahan akan dinarasikan oleh suara AI ke dalam bahasa yang sudah dipilih tadi.

Pada tahap awal, YouTube bisa men-dubbing video berbahasa Inggris ke beberapa bahasa lainnya seperti Indonesia, Portugis, Spanyol, dan Hindi. Meskipun dengan jumlah bahasa yang masih terbatas, Aloud dinilai dapat menjadi alat yang berguna karena semakin banyak pembuat konten yang menambahkan dubbing multibahasa ke video mereka.

Wakil Presiden Manajemen Produk YouTube, Amjad Hanif menjelaskan, tools Aloud ini sudah diuji ke ratusan pengguna YouTube. Pihaknya juga sedang berupaya agar audio dubbing yang dihasilkan bisa terdengar seperti suara kreator aslinya, dengan dubbing yang lebih banyak ekspresi, dan memiliki sinkronisasi bibir yang lebih baik. Fitur-fitur tersebut rencananya akan hadir pada tahun 2024.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini