4 Tips Membersihkan Kaca Helm Agar Tidak Buram

Yusuf Tirtayasa
Senin 26 Juni 2023, 16:05 WIB
Ilustrasi cara membersihkan kaca helm. (Sumber : pixabay.com/helment)

Ilustrasi cara membersihkan kaca helm. (Sumber : pixabay.com/helment)

LABVIRAL.COM - Kaca helm memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk melindungi pandangan pengendara dari debu, pasir, dan sinar matahari. Dengan adanya kaca helm, maka pengendara bisa lebih nyaman dan aman tanpa ada gangguan.

Meski memiliki fungsi yang penting, sayangnya tidak sedikit orang yang menggunakan helm tanpa kaca. Biasanya mereka melepas kaca helm dengan alasan komponen ini menganggu ketika berkendara, terutama jika sudah dalam kondisi kendor dan kotor. Padahal, melepas kaca helm bisa menimbulkan bahaya tersendiri.

Bagi kamu yang merasa tidak nyaman dengan kaca helm yang kotor atau kusam, sebaiknya melakukan perawatan ketimbang harus melepas komponen tersebut. Membersihkan kaca helm yang kusam sebenarnya tidak begitu sulit. Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri dari rumah.

Melansir dari laman Astra Honda, berikut ini cara membersihkan kaca helm agar tidak kusam dan kembali menjadi lebih jernih. 

  • Lepaskan Kaca Helm

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan kaca helm adalah melepasnya terlebih dahulu sebelum memulai untuk dibersihkan. Langkah pertama ini bukanlah langkah yang wajib, apabila kamu sedang terburu-buru, maka bisa langsung membersihkan kaca helm tanpa perlu melepasnya. 

Namun, jika ingin hasil yang lebih optimal, maka kamu bisa membersihkan keseluruhan kaca helm dengan melepaskan kacanya terlebih dahulu.

  • Basahi Kaca Helm

Selanjutnya, kamu bisa membasahi kaca helm tersebut dengan air bersih secara perlahan. Jika sudah, maka bisa langsung dibasahi menggunakan air sabun untuk menghilangkan seluruh kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kaca helm.

  • Gunakan Visor Cleaner

Sesuai dengan namanya, alat Visor Cleaner secara khusus digunakan untuk membersihkan permukaan kaca helm yang kotor. Kamu bisa menemukan Visor Cleaner di toko otomotif atau bisa membelinya langsung secara online di beberapa marketplace pilihan. 

Pilihlah Visor Cleaner yang terbuat dari alcohol-based karena produk dari bahan tersebut lebih bagus. Produk dengan komposisi tersebut akan jauh lebih menguap dan tidak meninggalkan noda bekas pada kaca.

Cara menggunakan Visor Cleaner, yaitu kamu hanya perlu menyemprot atau mengoleskan alat tersebut pada permukaan kaca helm. Setelah itu, tunggu sekitar 2-5 menit. Kemudian, kamu bisa mengelapnya dengan kain microfiber yang bersih dan lembut atau bisa juga dengan menggunakan tisu.

  • Bilas Kaca Helm dengan Air Bersih

Setelah langkah-langkah sebelumnya telah dilakukan, maka langkah terakhir adalah membilas kaca helm dengan menggunakan air bersih. Kemudian lap menggunakan kain halus atau tisu sampai benar-benar kering dan tidak membekas.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini