Kenali 2 Teknik Putar Balik yang Aman Pakai Mobil

Yusuf Tirtayasa
Minggu 25 Juni 2023, 21:38 WIB
Berkendara Jarak Jauh, Kamu Harus Kuasai 5 Tips Penting Ini (FOTO: Pixabay.com)

Berkendara Jarak Jauh, Kamu Harus Kuasai 5 Tips Penting Ini (FOTO: Pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Putar balik dengan menggunakan mobil bisa dibilang tidak sulit. Namun, bagi pengendara yang masih pemula, hal ini bisa jadi menyulitkan apalagi saat sedang dalam kondisi tertentu.

Di situasi ini, yang dibutuhkan adalah menggunakan teknik putar balik yang aman. Baik bagi pengendara itu sendiri maupun bagi pengendara lain.

Perlu diperhatikan, setiap kendaraan mempunyai radius putar dan besaran yang berbeda-beda. Di mana makin kecil radius putarnya, makin mudah untuk berputar balik. Oleh karenanya, pengendara perlu memahami kendaraan mereka terlebih dahulu sebelum menguasai teknik putar balik mobil.

Secara garis besar, ada dua teknik yang bisa dilakukan oleh para pengendara saat memutar mobilnya. Keduanya mempunyai teknik yang berbeda dan dipengaruhi oleh kondisi medan yang dilalui. Melansir dari laman Suzuki, berikut ini penjelasan mengenai dua teknik putar balik yang aman menggunakan mobil.

1. Teknik Three Point Turn

Teknik ini biasa digunakan pengendara yang ingin memutar arah di jalanan sempit. Selain itu, teknik ini juga banyak dilakukan oleh mereka yang kesulitan memutar balik kendaraannya secara langsung.

Jika kamu akan melakukan teknik ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan kendaraan di sisi paling luar dari jalur. Ini dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan ruang yang lebih leluasa saat bermanuver dengan teknik ini.

Baca Juga: Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Hindari Cara Berkendara dengan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Sebelum melakukan penghentian mobil, pastikan terlebih dahulu kondisi sekitar. Lihat kaca spion mobil, apakah ada kendaraan lain yang sedang menuju ke arah kamu atau bisa jadi kamu menghalangi kendaraan orang lain.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini