Mengenal WhatsApp Privacy Checkup, Fitur yang Bikin Akun Tak Mudah Di-stalking

Yusuf Tirtayasa
Minggu 25 Juni 2023, 21:53 WIB
Ilustrasi WhatsApp (Sumber : unsplash.com/mourimoto)

Ilustrasi WhatsApp (Sumber : unsplash.com/mourimoto)

LABVIRAL.COM - WhatsApp menghadirkan fitur baru yang disebut Privacy Checkup (pemeriksaan privasi) sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan dan privasi penggunanya.

Fitur ini diperkenalkan secara bersamaan dengan fitur Silence unknown callers, yang memungkinkan pengguna untuk membisukan telepon dari nomor yang tidak dikenal. 

Mirip dengan Silence unknown callers, fitur ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih aman dan memudahkan mereka dalam mengatur pengaturan privasi di WhatsApp.

Dengan mengaktifkan beberapa pengaturan, pengguna dapat meningkatkan keamanan saat menggunakan platform ini.

Melalui fitur Privacy Checkup, pemilik akun WhatsApp bisa mencegah pengguna lain memata-matai atau stalking profil maupun status WhatsApp. Dengan begitu, keamanan akun WhatsApp bisa lebih terjamin.

"Dengan fitur baru ini, WhatsApp akan membantu pengguna dalam mengonfigurasi pengaturan privasi yang memungkinkan mereka memilih tingkat perlindungan yang sesuai, langsung di satu tempat," ujar pengumuman yang disampaikan perusahaan melalui laman WABetaInfo, dikutip Sabtu (24/6/2023).

Fitur ini dapat ditemukan pada menu Privacy, setelah mengeklik titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Nantinya, akan muncul notifikasi baru yang bertuliskan Privacy Checkup

Baca Juga: Cara Mute Panggilan WhatsApp dari Nomor Tidak Dikenal

Dengan memilih Start Checkup atau Mulai pemeriksaan dalam layar pengaturan Privasi, pengguna akan melihat empat segmen pengaturan yang dirancang untuk meningkatkan privasi dan keamanan akun mereka. Adapun keempat segmen tersebut terdiri dari:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini