Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Yowan R
Sabtu 01 Juli 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi membersihka keyboard laptop (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi membersihka keyboard laptop (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Laptop merupakan perangkat elektronik yang memiliki intensitas pemakaian yang terbilang cukup tinggi. Mengingat di era yang serba digital ini hampir semua pekerjaan serta tugas semuanya harus diselesaikan menggunakan laptop, baik itu menulis, menghitung, hingga mendesain sesuatu.

Dengan intensitas pemakaiannya yang cukup tinggi ini, tak jarang laptop mulai timbul berbagai macam permasalahan. Mulai dari permasalahan kecil hingga permasalahan besar.

Salah satu contoh masalah yang sering muncul karena intensitas pemakaian laptop yang tinggi adalah keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian. Seperti pada perangkat elektronik lainnya, tingkat kerusakan laptop juga akan semakin tinggi jika pemakaiannya tidak diimbangi dengan perawatan.

Nah, saat laptop sudah mulai bermasalah seperti keyboard yang tidak berfungsi sebagian, hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas dan menghambat segala pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan laptop.

Karena itu, saat laptop yang kamu gunakan mengalami masalah tersebut, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Sebelum masuk ke cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Umumnya, keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian ini disebabkan oleh oleh kotoran, kerusakan sistem, perangkat terkunci, atau keyboard yang terputus. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa ikuti cara mengatasinya seperti berikut ini.

1. Restart perangkat

Mengutip Lifewire, me-restart perangkat bisa menjadi cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

Jika perangkat responsif, gunakan mouse untuk memulai ulang. Setelah reboot, periksa apakah keyboard sudah mulai berfungsi atau belum.

Jika perangkat tidak merespons, kamu perlu mencoba memperbaiki laptop yang dibekukan sebelum melanjutkannya. Setelah responsif kembali, lanjutkan dengan restart.

2. Nonaktifkan filter dan kunci

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini