Cara Amankan Data Rahasia di HP Samsung Galaxy A54 5G, Kamu Wajib Tahu!

Yowan R
Selasa 04 Juli 2023, 13:51 WIB
Ilustrasi Aplikasi bawaan Samsung untuk menyembunyikan data "Secure Folder"  (Sumber : samsung.com)

Ilustrasi Aplikasi bawaan Samsung untuk menyembunyikan data "Secure Folder" (Sumber : samsung.com)

LABVIRAL.COM - Samsung Galaxy A54 5G merupakan salah satu smartphone produk Samsung yang masuk dalam kategori kelas menengah (mid-range). Smartphone ini cukup populer dan dapat diandalkan dengan berbagai fitur keamanan yang dapat membantu penggunaanya untuk melindungi data pribadi dan rahasia mereka.

Pengguna Samsung Galaxy A54 5G dapat mengamankan foto, video, dokumen, hingga aplikasi penting dan rahasia dengan autentikasi biometrik. Contohnya dengan kata sandi (password) atau dengan sidik jari (fingerprint).

Mengamankan data-data pengguna Samsung Galaxy A54 5G ini dapat dilakukan berkat hadirnya fitur bawaan bernama “Secure Folder” atau Folder Aman yang diberikan oleh Samsung.

Sebagai informasi, fitur Secure Folder ini merupakan ruang aman yang dilindungi oleh platform keamanan Samsung Knox, dimana dengan adanya fitur ini, foto, video, dokumen, aplikasi rahasia tidak akan bisa dilihat oleh orang lain, meskipun HP pengguna dalam keadaan tidak terkunci.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur Secure Folder di Samsung Galaxy A54 5G untuk mengamankan data rahasia penggunanya? Ya, untuk menggunakan fitur Secure Folder ini, kamu bisa simak penjelasan dari Labviral.com selengkapnya berikut ini.

Cara menggunakan fitur Secure Folder untuk mengamankan data di Samsung Galaxy A54 5G

Untuk mengamankan data rahasia di HP Samsung Galaxy A54 5G ini, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu "Settings/Pengaturan".
  • Pilih menu "Security and privacy".
  • Pilih "Secure Folder".
  • Jika kamu tak menemukannya, kamu juga bisa melakukan pencarian langsung pada kolom pencarian "Settings".
  • Klik "Continue/Lanjutkan".
  • Tunggu proses pembuatan Secure Folder selesai.
  • Atur metode keamanan yang akan digunakan.
  • Opsi keamanan yang dipilih bisa menggunakan PIN, kata sandi, pola, sidik jari.
  • Ikuti petunjuk yang tertera hingga pilihan terkonfirmasi.

Setelah langkah tersebut dilakukan, pengguna bisa membuka aplikasi utama di ponsel, kemudian cari folder yang bernama “Secure Folder”. Untuk membuka folder tersebut, pengguna harus memasukan kode keamanan yang telah dibuat sebelumnya.

Saat pertama kali fitur Secure Folder ini diaktifkan akan ada beberapa aplikasi bawaan Samsung seperti, Notes, Galeri dan sebagainya yang akan masuk ke dalam folder tersebut.

Aplikasi yang masuk ini, masih kosong. Sebab, nantinya aplikasi tersebut yang akan diisi dengan data rahasia yang akan pengguna sembunyikan baik itu foto, video, dokumen, ataupun aplikasi.

Cara menambahkan foto, video, dokumen, ataupun aplikasi di Secure Folder

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, folder-folder yang kosong ini bisa digunakan untuk menyimpan file rahasia yang ingin diamankan. Untuk memindahkan file rahasia ini kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Pilih file yang akan dipindahkan ke Secure Folder.
  • Misalnya foto atau video di Galeri
  • Klik ikon tiga titik pada file terkait
  • Pilih opsi "Move to Secure Folder" (Pindahkan ke Folder Aman)
  • Dengan begitu foto/video tersebut akan otomatis dipindahkan ke "Secure Folder", dan hilang dari Galeri ponsel.
  • Untuk menambahkan aplikasi ke "Secure Folder", klik ikon "+" di "Secure Folder".
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin diamankan.

Pengguna bisa dengan mudah mengeluarkan file atau aplikasi keluar dari Secure Folder. Caranya, klik titik tiga di file, lalu klik "Move out of Secure Folder". Dengan begitu, foto/video akan kembali ke tempat asalnya, yaitu Galeri ponsel. Sementara untuk menghapus aplikasi dari Secure Folder, pengguna tinggal klik "uninstall" di Secure Folder. Meski di-uninstal di aplikasi Secure Folder, aplikasi di menu Home masih tetap tersedia seperti biasa.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini