Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store saat Download Aplikasi

Yowan R
Selasa 04 Juli 2023, 14:15 WIB
Ilustrasi masalah perangkat tidak kompatibel denga Google Play Store (Sumber : youtube.com/SP SKYWARDS)

Ilustrasi masalah perangkat tidak kompatibel denga Google Play Store (Sumber : youtube.com/SP SKYWARDS)

LABVIRAL.COM - Para pengguna smartphone Android, mungkin dalam kondisi tertentu akan menjumpai beberapa kendala dalam pengoperasian aplikasi, seperti muncul pesan  dengan tulisan bahasa Inggris “Your device isn’t compatible with this version” atau “This app isn’t compatible with your device anymore” di Play Store saat hendak download atau update aplikasi.

Munculnya pesan tersebut, tentunya akan sangat mengganggu aktifitas pengguna smartphone Android. Sebab, pengguna jadi tidak bisa mengunduh atau memperbaharui aplikasi yang sedang dibutuhkan.

Karena itu, para pengguna smartphone Android harus tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi smartphone mereka jika telah muncul pesan tersebut.

Umumnya, masalah tersebut terjadi karena beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti selengkapnya penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store yang Labviral.com jelaskan dibawah ini.

Penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store

1. Sistem operasi sudah terlalu usang

Pesan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” yang muncul di Play Store salah satu penyebabnya adalah sistem operasi yang digunakan pada smartphone Android sudah terlalu usang.

Hal ini disebabkan oleh Google yang setiap tahun rutin merilis API Android atau sistem pemrograman yang memungkinkan pengembang mengimplementasikannya di aplikasi buatan mereka agar dapat berjalan di smartphone.

Jadi, setelah API Android terbaru diintegrasikan, pengembang biasanya akan membatasi aplikasi mereka dan hanya bisa beroperasi di smartphone tertentu, khususnya smartphone dengan sistem operasi terbaru.

Dengan skema tersebut, otomatis smartphone Android yang menggunakan sistem operasi versi lama tidak akan dapat menjalankan aplikasi tertentu yang memiliki versi terbaru dari pengembang.

2. Bug dari Play Store

Selain karena sistem operasi yang sudah terlalu usang, pesan “Aplikasi ini tidak kompatibel lagi dengan perangkat Anda” yang muncul di Play Store juga bisa terjadi karena bug pada sistem di aplikasi Play Store itu sendiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini