Apa Sih Arti Kata QRT Singkatan yang Sering Digunakan di Twitter, Bagaimana Penggunaannya?

Yowan R
Selasa 04 Juli 2023, 15:21 WIB
Ilustrasi tweet dengan penggunaan QRT di Twitter (Sumber : twitter.com/cyukael)

Ilustrasi tweet dengan penggunaan QRT di Twitter (Sumber : twitter.com/cyukael)

LABVIRAL.COM - Istilah QRT yang sering muncul di Twitter ini mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang karena tidak mengerti apa arti dari QRT tersebut. Istilah QRT ini sering digunakan untuk membuka sebuah diskusi maupun respon para pengguna Twitter lainnya.

Contohnya untuk meminta pengguna lain berkomentar mengenai pembahasan yang sering disertai dengan gambar atau foto tertentu.

Apa sih sebenarnya arti dari QRT?

Dilansir Labviral.com dari lama slang.net, QRT merupakan singkatan dari ‘Quote Retweet’ atau ‘Tweet Kutipan’ yang merupakan salah satu fitur yang hadir di media sosial dengan logo burung biru.

Berbeda dengan Retweet, Quote Retweet ini tak hanya menyertakan Tweet aslinya, pengguna bisa memberikan tambahan berupa komentar. Komentar yang diberikan pengguna Twitter dengan Quote Retweet ini tidak akan langsung muncul di kolom komentar atau bawah postingan tersebut. Tapi, Quote Retweet ini akan muncul seperti postingan biasa yang diikuti oleh tautan dari Tweet aslinya.

Cara menggunakan QRT

Untuk melakukan Quote Retweet, pengguna Twitter bisa langsung klik ikon ‘Retweet’ pada Tweet yang ingin dikutip. Untuk lebih jelasnya bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pilih tweet yang ingin dikutip
  • Klik tombol “Retweet”
  • Pilih “Kutip Tweet” atau “Quote Tweet”
  • Setelah itu tulis komentar sesuai kehendak

Nantinya, tweet tersebut akan tersebar sebagai kutipan twit pada para follower si pengguna. Pengguna juga bisa mempersilahkan para pengguna lain untuk berkomentar pada tweet miliknya.

Contoh penggunaan istilah QRT ini adalah saat seorang pengguna Twitter membutuhkan rekomendasi drama korea, maka pengguna tersebut bisa mem-posting Tweet yang berisi “QRT dengan Drakor favoritmu”.

Artinya pengguna tersebut meminta pengguna lain melakukan Quote Retweet pada postingan-nya dengan komentar drama Korea favorit mereka.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Cara Merepost Video Pendek di Twitter

Jumat 16 Juni 2023, 19:58 WIB
Cara Merepost Video Pendek di Twitter
Berita Terkini