5 Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp

Yowan R
Rabu 05 Juli 2023, 23:23 WIB
WhatsApp (Sumber : Pixabay)

WhatsApp (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia. WhatsApp sendiri menawarkan berbagai fitur menarik yang tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan gambar foto ataupun video.

Meskipun demikian, tak jarang para pengguna WhatsApp yang mengeluh soal pengunduhan foto dan video yang sering kali terjadi kegagalan, baik itu dalam pengunduhan berkas ataupun media di ruang chat dan saat memuat status orang lain.

Beberapa pengguna mengalami masalah dalam memuat foto atau video orang lain, pesan yang ditampilkan bertuliskan "Pengunduhan gagal", "Pengunduhan tidak dapat diselesaikan", "Silakan coba lagi nanti".

Penyebab pengunduhan gagal di WhatsApp

Selain karena koneksi internet yang tidak stabil, ada beberapa faktor lain yang membuat pesan tersebut tampil. Berikut penyebab gagalnya pengunduhan di WhatsApp:

  • Jaringan internet lemot merupakan kemungkinan pertama pada smartphone sehingga file atau media yang diunduh selalu terjadi kegagalan.
  • Setelan tanggal dan waktu tidak benar juga menjadi penyebab gagalnya pengunduhan di WhatsApp. Jika tanggal dan waktu tidak tepat, maka smartphone akan sulit terhubung ke server WhatsApp untuk mengunduh file atau media. 
  • Penyimpanan internal penuh juga salah satu penyebab gagalnya pengunduhan  di WhatsApp sehingga menyebabkan WhatsApp tidak berjalan stabil. Kamu mungkin harus membersihkan data, seperti foto, video, dan aplikasi agar WhatsApp dapat berjalan lebih stabil.
  • WhatsApp mengalami malfungsi ini bisa jadi aplikasi WhatsApp pada smartphone Kamu sedang error atau bermasalah. Kamu bisa mencoba memperbarui aplikasi atau install ulang aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut.
  • File yang diunduh sudah terlalu lama atau kadaluwarsa lebih dari satu bulan file tersebut sudah terhapus dari server dan tidak bisa kamu unduh lagi.

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya kamu bisa mengatasi gagalnya pengunduhan di WhatsApp dengan beberapa cara berikut ini.

Cara mengatasi pengunduhan WhatsApp gagal

1. Pastikan koneksi internet stabil dan lancar

Pertama, coba pastikan kembali bahwa koneksi internet pada perangkat Kamu benar-benar stabil dan lancar. Kamu bisa memastikannya dengan melakukan browsing atau memutar salah satu video di YouTube.

Apabila video yang Kamu putar tidak mengalami buffering sama sekali, maka artinya koneksi internet Kamu stabil. Tapi jika sebaliknya, mungkin Kamu perlu cek data internet yang tersisa atau jika kamu menggunakan koneksi WiFi, maka kamu perlu cek sambungan WiFi yang kamu gunakan.

Pengecekan diperlukan untuk mengetahui apakah data internet pada perangkat kamu masih tersedia atau sudah habis. Selain data internet, kualitas jaringan juga penting untuk kamu perhatikan.

Apabila jaringan internet pada perangkat kamu masih 3G atau bahkan 2G, belum 4G maka wajar saja jika WhatsApp sering terjadi kegagalan saat mengunduh file atau media. Mungkin kamu perlu berpindah ke lokasi lain untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih baik.

2. Atur tanggal dan waktu dengan benar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini