Bedah Fitur Threads, Aplikasi Baru yang Mirip Twitter tapi Rasa Instagram

Yowan R
Jumat 07 Juli 2023, 17:32 WIB
Threads, media sosial baru dari Meta yang mirip Twitter namun tampilan seperti Instagram (Sumber : netzpolitik)

Threads, media sosial baru dari Meta yang mirip Twitter namun tampilan seperti Instagram (Sumber : netzpolitik)

LABVIRAL.COM - Meta (induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram) resmi merilis aplikasi baru yang bernama Threads. Aplikasi ini dirilis pada Kamis, 6 Juli 2023 dan kini sudah dapat diunduh melalui Play Store (Android) dan App Store (iPhone).

Aplikasi Threads ini merupakan media sosial baru dari Meta yang mirip dengan Twitter. Meskipun dirancang mirip dengan Twitter, Threads masih terkait dengan Instagram (IG), sesuai dengan slogan aplikasinya "Threads, an Instagram app".

Jika dilihat dari tampilannya, Thread mengusung konsep ala Twitter namun tampilannya justru lebih mirip Instagram. Jadi, tidak salah juga jika dikatakan Threads ini merupakan hasil perkawinan silang dari Twitter dan Instagram.

Meskipun tampilannya mirip dengan Instagram. Namun, fitur-fitur yang diberikan pada Threads ini lebih mirip dengan Twitter, misalnya dari fitur yang mirip “retweet” dan fitur membuat utas (thread).

Bagi kamu yang penasaran dengan fitur-fitur dari Threads, kamu bisa simak penjelasan selangkapnya dari Labviral.com berikut ini.

1. Fitur ala Twitter tapi "DNA" Instagram

Tampilan utama dari Threads ini mirip seperti Twitter. Disebut mirip karena logo Threads ditempatkan di atas tampilan, sebagaimana Twitter. Selain itu, aneka tab juga diposisikan di bawah tampilan utama, meskipun deretan tab-nya agak berbeda antara Threads dengan Twitter.

Di Threads, pengguna akan mendapati lima tab dengan masing-masing ikon yang berbeda. Kelimanya meliputi tab Home atau beranda, tab Search, tab New Thread untuk memposting konten/thread, tab Activity hingga Profile. Secara umum, tampilan ikon di Threads sama seperti di Instagram, hanya saja fungsinya dibuat mirip Twitter.

2. Bisa repost thread ke IG Stories

Feed di Threads menampilkan aneka postingan dari semua pengguna, bahkan pengguna yang tidak diikuti (follow). Konsep ini sama seperti Twitter sebelum menyediakan opsi untuk menampilkan tweet dari akun yang diikuti saja.

Seperti di Twitter, setiap thread (sebutan untuk postingan Threads, seperti tweet di Twitter) yang muncul di feed juga dilengkapi dengan aneka ikon fitur, mulai dari tombol likes (disukai), komentar, repost (bagikan ulang), dan fitur share (bagikan).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini