Deretan Perbedaan Mendasar Antara Threads dan Twitter

Yowan R
Jumat 07 Juli 2023, 18:39 WIB
Threads vs Twitter (Sumber : Labviral.com/Yowan R)

Threads vs Twitter (Sumber : Labviral.com/Yowan R)

LABVIRAL.COM - Meta (induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram) akhirnya resmi merilis aplikasi media sosial baru yang bernama Threads. Aplikasi ini dirilis pada Kamis, 6 Juli 2023 dan kini sudah dapat diunduh melalui Play Store (Android) dan App Store (iPhone).

Hanya dalam waktu 1 jam saja sejak peluncurannya, Threads langsung mendapatkan lebih dari lima juta pengguna. Hal ini menjadi bukti bagaimana media sosial baru ini disambut baik para netizen.

Aplikasi Threads ini merupakan media sosial baru dari Meta yang mirip dengan Twitter. Sebab, Threads memang dibuat untuk menyaingi Twitter sebagai media sosial berbasis teks yang bisa membuat utas untuk saling berinteraksi dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Meskipun dirancang mirip dengan Twitter. Namun, sebagai bentuk persaingan tentu saja kedua aplikasi media sosial ini memiliki perbedaan.

Penasaran apa saja perbedaan dari Threads si media sosial pendatang baru buatan Meta dan Twitter? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Terhubung dengan Instagram

Berbeda dengan Twitter yang merupakan aplikasi tidak terpaut dengan platform lain, Threads terhubung dengan Instagram. Salah satunya membuat nama pengguna tidak bisa diubah dan sama persis dengan username Instagram. Pengguna juga tidak dapat menghapus akun Threads karena otomatis dapat menghapus akun Instagram juga.

2. Batas karakter

Jika Twitter memberikan bayas karakter yang sedikit pada akun gratisnya, maka Threads memberi batas karakter yang jauh lebih banyak. Thread memberkan batas karakter sebanyak 500 kata, sedangkan Twitter hanya 280. Ini memungkinkan pengguna dapat membuat utas lebih panjang daripada Twitter.

3. Tidak terdapat trending Topic

Berbeda dengan Twitter yang selalu menampilkan trending topik setiap beberapa jam sekali, Threads belum memiliki fitur ini. Pengguna tidak memiliki rekomendasi pilihan topik yang mereka sukai atau tidak. Timeline yang disuguhkan berdasarkan apa yang Threads rekomendasikan saja.

4. Timeline yang Random

Jika Twitter menyuguhkan konten berdasarkan yang pengguna sukai, maka Threads memiliki perbedaan di sisi timeline. Konten yang disajikan pada Threads disebut lebih random, sehingga pengguna yang tak saling mengikuti atau tertarik bisa saja muncul di kabar beranda secara acak.

5. Interface profil

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini