Cara Kirim Pesan Rahasia di Instagram dengan Vanish Mode

Yowan R
Minggu 09 Juli 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi fitur Vansih Mode Instagram (Sumber : lifewire)

Ilustrasi fitur Vansih Mode Instagram (Sumber : lifewire)

LABVIRAL.COM - Di era digitalisasi ini, berkirim pesan online atau melalui media sosial saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Bahkan, percakapan penting dan sangat rahasia pun tak jarang disampaikan melalui media online.

Untuk berkirim pesan tentunya, para pengguna media sosial menginginkan pesannya ini menjadi pesan privat yang tidak ingin diketahui oleh orang lain atau pengguna ingin pesannya hanya dapat dilihat hanya dalam beberapa waktu saja, setelah itu pesan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Salah satu media sosial yang memiliki fitur tersebut adalah Instagram. Fitur agar pesan yang dikirim ini dapat hilang dengan sendirinya ini adalah Vanish Mode. Fitur Vanish Mode di Instagram memungkinkan pesan yang dikirim akan menghilang dengan sendirinya saat obrolan diakhiri atau ditutup.

Fitur Vanish Mode di Instagram ini juga memungkinkan kamu sebagai penggunanya untuk mengirimkan pesan rahasia, yang hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja.

Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur Vanish Mode di Instagram? Langsung saja simak cara menggunakannya berikut ini.

1. Cara mengaktifkan fitur Vanis Mode

Mengaktifkan fitur Vanish Mode di Instagram bisa dikarakan sangatlah mudah dan simpel. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengikuti enam langkah seperti di bawah ini:

  • Buka Instagram dan pergilah ke menu DM yang berupa ikon bubble chat di pojok kanan atas laman Home.
  • Pilih pesan yang ada atau buatlah pesan baru. Lalu, buka pesan tersebut.
  • Pada jendela pesan, geser layar ke atas dan tahan hingga muncul notifikasi "Lepas untuk mengaktifkan mode hilang" berwarna biru.
  • Setelah muncul notifikasi tersebut, lepas layar dan obrolan akan berpindah ke mode hilang.
  • Obrolan dalam Vanish Mode ditandai dengan tampilan layar dalam mode gelap.
  • Vanish Mode aktif. Kamu bisa berkirim pesan seperti biasa dengan teman.

Saat mengaktifkan fitur ini, teman yang kamu hubungi juga akan diberi tahu oleh Instagram. Ini akan memunculkan tanda lingkaran putus-putus di sebelah nama akun Instagram pada kolom obrolan. Saat membuka pesan, mereka juga akan diberitahu bahwa obrolan sedang berlangsung dalam mode hilang yang juga ditandai dengan layar mode gelap.

2. Cara menonaktifkan fitur Vanish Mode

Jika kamu telah selesai menggunakan obrolan dalam Vanish Mode, kamu juga bisa langsung menonaktifkan fitur tersebut agar mode pesan kembali seperti sediakala. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut untuk menonaktifkannya:

  • Buka Instagram dan luncurkan Pesan.
  • Bukalah pesan yang telah kamu hubungi menggunakan mode hilang.
  • Lalu, geser layar ke atas dan tahan hingga muncul notifikasi "Lepas untuk menonaktifkan mode hilang" berwarna biru tua.
  • Lepaskan layar untuk menonaktifkan Vanish Mode.
  • Setelah dilepas, obrolan secara otomatis akan beralih ke obrolan biasa yang ditandai dengan tampilan mode terang.

Menonaktifkan fitur ini juga akan menghilangkan semua pesan atau percakapan yang kamu kirimkan menggunakan mode tersebut secara otomatis. Jika salah satu menonaktifkannya, secara otomatis Vanish Mode akan nonaktif di kedua akun yang melakukan percekapan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini