Kenapa Sih, Toilet Bus Cuma Bisa Dipakai Buang Air Kecil Saja?

Yowan R
Minggu 09 Juli 2023, 22:37 WIB
Ilustrasi toilet yang terdapat di kabin bus (Sumber : minivanhiredelhi.com)

Ilustrasi toilet yang terdapat di kabin bus (Sumber : minivanhiredelhi.com)

LABVIRAL.COM - Perusahaan Otobus (PO) saat ini kebanyakan sudah memberikan fasilitas seperti toilet yang terdapat di dalam kabin. Toilet tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para penumpangnya untuk buang air kecil saat di perjalanan tanpa harus menunggu untuk berhenti di rest area.

Tapi perlu diketahui, toilet kecil yang terdapat di dalam kabin bus ini hanya dapat digunakan untuk buang air kecil saja, itupun hanya diperbolehkan saat bus berjalan. Toilet tersebut dilarang keras digunakan untuk buang air besar. Larangan tersebut bahkan tertulis di pintu toilet.

Kenapa sih toilet tersebut hanya diperbolehkan untuk buang air kecil?

Toilet yang terdapat di kabin bus ini didesain khusus hanya dapat digunakan untuk buang air kecil saja, tidak diperuntukan untuk buang air besar (BAB). Hal ini disebabkan karena di bagian bawah toilet tidak dipasang apapun untuk penampungan kotoran.

Toilet yang terdapat pada bus ini umumnya terletak di bagian belakang. Jadi, mustahil jika dipasangi penampungan kotoran. Karena, bagian belakang bus ini sudah penuh dengan mesin bus itu sendiri.

Walaupun saat ini sudah banyak bus dengan toilet yang dipasangkan di bagian tengah kabin, namun hal itu juga tidak menjadi solusi dimana bisa dipasangkan penampung kotoran. Karena, di bagian bawah tengah bus juga sudah penuh dengan bagasi yang biasanya digunakan untuk menyimpan bawang bawaan penumpang atau bahkan sepeda motor.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini