Para Pengemudi Mobil Wajib Tahu, Ini Gejala Aki Mobil Soak yang Bisa Dirasakan

Yowan R
Minggu 09 Juli 2023, 23:06 WIB
Ilustrasi aki mobil soak (Instagram.com/boekanmain)

Ilustrasi aki mobil soak (Instagram.com/boekanmain)

LABVIRAL.COM - Aki mobil yang soak, biasanya menjadi salah satu penyebab mobil mogok saat di perjalanan. Hal ini terjadi karena, aki mobil menjadi sumber arus listrik yang berguna untuk mendukung kinerja mesin sampai komponen kelistrikan lainnya.

Kondisi ini tentunya harus diantisipasi agar tidak menjadi penghambat di perjalanan. Bisa dengan menyediakan aki cadangan dan kabel jumper atau mengganti saat aki sudah menunjukan gejala-gejela aki soak.

Aki mobil yang soak ini pasti akan dialami oleh sebagian besar para pemilik mobil. Aki yang soak ini, tidak akan mampu menyimpan arus listrik dengan baik yang dihasilkan.

Umumnya, aki mobil yang soak bisa diketahui dengan empat gejala seperti berikut ini:

1. Starter

Gejala yang paling umum saat aki mobil soak bisa dirasakan saat melakukan starter. Aki mobil yang sudah soak akan sulit untuk mengangkat putaran motor starter. Sehingga mobil akan sulit untuk dihidupkan saat aki mobil soak.

2. Panel indikator MID

Aki mobil yang sudah soal juga bisa ditandai dengan melihat indikator di panel MID. Karena, saat ini mobil sudah dibekali dengan pendeteksi aki soak.

Jika panel indikator tegangan aki ada di bawah 12 volt, hal ini menandakan aki sudah mulai mengalami soak. Aki yang masih bagus, tegangannya berkisar 12-12,5 volt.

3. Bunyi klakson

Gejala aki mobil yang soak selanjutnya juga bisa ditandai dari suara atau bunyi klakson. Bunyi klakson yang masih kencang membuktikan tegangan aki masih terjaga baik.

Akan tetapi, jika suara klakson agak redup, berarti tegangan aki sudah kurang. Sebaiknya lakukan pengecekan atau penggantian aki baru.

4. Indikator di badan aki

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Rabu 29 Maret 2023, 00:22 WIB
Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak
Berita Terkini