Mana yang Lebih Unggul antara Spotify dan YouTube Music? Yuk Simak Perbandingannya!

Yowan R
Selasa 11 Juli 2023, 15:05 WIB
Spotify vs YouTube Music (Sumber : Labviral.com/Yowan R)

Spotify vs YouTube Music (Sumber : Labviral.com/Yowan R)

LABVIRAL.COM - Untuk mendengarkan musik, saat ini dapat dilakukan dengan mudah oleh masyarakat secara legal menggunakan aplikasi streaming musik yang dapat kamu gunakan di smartphone dengan mengunduhnya di Play Store ataupun App Store.

Salah satu aplikasi streaming musik yang saat ini populer dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah Spotify dan YouTube Music. Kedua aplikasi streaming musik ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Dari kedua aplikasi ini pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Agar lebih mengerti mana yang lebih unggul antara Spotify dan YouTube Music, kamu bisa simak penjelasan yang akan Labviral.com berikan di bawah ini.

Perbandingan Spotify dan YouTube Music

Dari keduanya, manakah yang ingin Anda gunakan untuk mendengarkan musik, Spotify atau YouTube Musik? Dilansir dari berbagi sumber, berikut adalah perbandingan Spotify dan YouTube Music:

1. Tampilan

Dari segi tampilan yang disuguhkan di Spotify dan Youtube Music, sebenarnya tak kalah jauh. Mereka memiliki desain tampilan yang hampir sama, bahkan keduanya sama-sama menyajikan rekomendasi lagu dan sejumlah folder dengan genre tertentu.

Dengan menggunakan latar belakang berwarna hitam, kedua aplikasi ini hanya memiliki perberbedaan terhadap logo masing-masing. Meskipun demikian, ada satu yang cukup menonjol di YouTube Music, yakni memiliki rekomendasi musik video yang bisa kita tonton di YouTube Music.

2. Koleksi konten

Bagi kamu yang hanya ingin menggunakan aplikasi streaming musik untuk mendengarkan lagu saja, YouTube Music bisa menjadi pilihan yang lebih unggul dari pada spotify. Hal ini karena sumber lagu-lagu di YouTube Music sama dengan di YouTube, jadi bisa dipastikan hampir semua lagu dapat ditemukan di YouTube Music.

Sementara itu, untuk koleksi konten di Spotify justru lebih terbatas. Namun, Spotify mempunyai satu konten yang tak dimiliki di YouTube Music, yaitu konten podcast. Jika kamu adalah penggemar podcast, maka Spotify menang banyak. Di sini ada banyak sekali konten podcast dari berbagai genre. 

3. Biaya langganan

Jika dibandingkan dari harga langganannya antara kedua platform ini bisa dikatakan sama saja. Spotify dan YouTube Music sama-sama mematok harga Rp.49 ribu untuk biaya langganan per bulannya. Jika kamu merupakan seorang mahasiswa, maka kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk berlangganan di kedua platform ini.

4. Metode Bayar

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini