Arti Bulatan Merah dan Kuning pada Ban Mobil yang Harus Kamu Tahu!

Yowan R
Rabu 12 Juli 2023, 23:44 WIB
Tanda bulatan merah dan kuning pada ban mobil (Sumber : toyota.astra.co.id)

Tanda bulatan merah dan kuning pada ban mobil (Sumber : toyota.astra.co.id)

LABVIRAL.COM - Bulatan merah dan kuning yang terdapat pada ban mobil terkadang menjadi pertanyaan bagi para pemilik mobil. Terlebih bagi para pemilik mobil yang baru saja mengganti ban dengan ban baru.

Nah, bulatan kuning yang terdapat pada dinding ban mobil (side wall) ini merupakan salah satu kode yang menunjukan titik teringan pada ban. Istilah keren kode bulatan kuning tersebut adalah light static balance point.

Area paling ringan tersebut berguna untuk panduan saat melakukan balance roda atau pemasangan velg. Biasanya, tanda tersebut dipasang sejajar dengan pentil ban karena sudah pasti akan menambah bobot pada velg.

Atau saat memasang velg, titik warna kuning ini harus dipasang sejajar dengan area paling berat di pelek alloy yang ditandai dengan tanda bulatan berwarna biru. Jadi roda akan balance atau seimbang saat berputar.

Sementara itu tanda bulatan merah pada ban ini menunjukan peak point atau area paling melengkung keluar pada ban (area tertinggi dari dinding ban) atau side wall. Istilah keren untuk tanda bulatan merah adalah area radial force variation first harmonic maximum.

Tanda bulatan merah ini berguna saat ban dipasang ke pelek besi atau kaleng. Tanda merah harus dipasang sejajar dengan area paling rendah dari pelek besi yang juga ditandai dengan bulatan berwarna atau emboss titik.

Jika kedua titik ini selaras maka vibrasi yang dihasilkan dari putaran roda akan jadi lebih minim.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini