4 Hidden Features Samsung Galaxy A14 Ini Bantu Aktivitas Kamu Lebih Efisien

Yusuf Tirtayasa
Senin 17 Juli 2023, 12:13 WIB
Samsung Galaxy A14. (Sumber : Samsung)

Samsung Galaxy A14. (Sumber : Samsung)

LABVIRAL.COM - Setiap smartphone dirancang dengan berbagai fitur canggih, mulai dari fitur untuk memudahkan penggunaan sampai fitur pengingat. Fitur-fitur tersebut tentunya tidak sebatas menjadi penunjang alat komunikasi, tapi juga dapat diandalkan layaknya asisten pribadi bagi penggunanya. Salah satu smartphone yang menawarkan fitur-fitur tersebut, yakni Samsung Galaxy A14.

Samsung Galaxy A14 merupakan smartphone yang diklaim menawarkan banyak fitur canggih, yang dapat membantu aktivitas sehari-hari lebih personal dan efisien.

Melalui smartphone ini, pengguna dapat melakukan berbagai hal, seperti mengubah tampilan visual, mengaktifkan fitur untuk mengoptimalkan penggunaan sehari-hari, hingga mengaktifkan fitur yang dapat mendukung aktivitas rutin harian untuk menunjang produktivitas.

Dari sejumlah fitur yang ada di smartphone ini, setidaknya ada empat fitur yang perlu kamu coba agar smartphone ini makin personal. Apa saja fitur tersebut? Berikut empat hidden features Samsung Galaxy A14, yang membantu aktivitas sehari-hari lebih personal dan efisien:

Mode Satu Tangan

Smartphone ini hadir dengan layar seluas 6,6 inci dengan resolusi FHD+ 1080 x 2408 piksel. Layarnya menyuguhkan tampilan yang luas dan tajam untuk menikmati berbagai konten favorit, seperti browsing konten di media sosial, sampai menonton film di aplikasi streaming.

Dengan layar yang cukup luas, smartphone ini idealnya digunakan dengan dua tangan. Meski begitu, pengguna tidak perlu khawatir, karena smartphone ini menyediakan fitur untuk memudahkan penggunanya menjangkau aplikasi yang susah digapai ibu jari.

Fitur tersebut bernama Mode Satu Tangan, jika diaktifkan maka secara otomatis Mode Satu Tangan akan menyusutkan ukuran tampilan layar. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggeser posisi layar yang sudah menyusut ke pojok kanan atau kiri bawah. Hal ini akan memudahkan menggapai atau mengetuk aplikasi yang ingin dibuka, baik saat digunakan di tangan kanan maupun kiri.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa membuka menu Settings – Advanced features – lalu aktifkan One-handed mode (Mode Satu Tangan). Ada dua cara untuk mengaktifkan Mode Satu Tangan, menggunakan gesture atau sapuan ke bawah pada tombol Home. Atau dengan mengetuk tombol Home dua kali. Untuk mengembalikan ke ukuran layar penuh, cukup sentuh sekali pada area kosong di samping area layar Mode Satu Tangan.

Color Pallette

Fitur selanjutnya yang perlu diaktifkan agar Galaxy A14 makin personal adalah Color Pallette. Fitur ini disiapkan untuk mengubah tampilan warna pada layar smartphone ini agar dapat mengikuti Palette yang telah disiapkan. Di sini pengguna bisa memilih warna-warna favorit untuk ditampilkan pada setiap aspek tampilan di layar kamu.

Saat fitur Color Palette diaktifkan, maka pengguna akan mendapatkan tampilan background, bilah notifikasi, ikon, tombol, mengikuti Color Palette yang dipilih. Ada dua pilihan Color Palette, mengikuti wallpaper atau warna basic. Jika Color Palette pada wallpaper kurang cocok, pengguna bisa memilih warna basic yang disediakan Samsung. Selain itu, tersedia juga opsi satu warna kombinasi.

Untuk mengaktifkan Color Palette, pengguna bisa membuka Settings – Wallpaper and style – Color Palette – lalu aktifkan Color Palette. Setelah itu, tinggal pilih warna yang sesuai dengan kebutuhan.

Galaxy Theme

Fitur selanjutnya ada Galaxy Theme. Melalui fitur ini pengguna dapat membuat Galaxy A14 jauh lebih personal karena tidak hanya wallpaper dan ikon yang berubah, hampir semua aspek pada tampilan layar akan mengikuti tema dari Galaxy Theme yang dipilih.

Pilihan Theme pada Galaxy Theme sangat beragam, mulai dari tema angkasa sampai tema kucing imut yang menggemaskan, eksklusif hingga gratis. Untuk tema-tema yang bersifat eksklusif, perusahaan memberikan penawaran harga yang cukup menarik. Namun, koleksi tema gratisnya juga tidak kalah menarik.

Untuk mengaktifkan Galaxy Theme, pengguna bisa mencubit layar – lalu ketuk ikon Themes – lalu pilih Theme yang disuka – kemudian terapkan.

Modes and Routines

Fitur canggih berikutnya ada Modes and Routines. Fitur ini berguna untuk siswa atau first jobber karena dapat membantu dalam mengelola waktu dan kegiatan dengan lebih baik.

Modes and Routines merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur profil atau mode tertentu untuk digunakan pada waktu-waktu tertentu. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan setiap detail dari pengaturan smartphone mereka sesuai dengan aktivitas yang mereka lakukan pada waktu itu. Misalnya, pengguna dapat mengatur mode “kuliah” yang akan menyesuaikan ringtone, volume, dan aplikasi yang muncul di layar saat berada di kelas.

Selain mode, fitur Routines juga berguna untuk mahasiswa maupun first-jobber. Routines adalah serangkaian rutinitas yang diatur untuk dilakukan pada waktu tertentu.

Pengguna dapat mengatur rutinitas untuk dimulai secara otomatis pada waktu yang ditentukan, seperti mematikan notifikasi pada waktu tidur, mengatur alarm untuk mengingatkan waktu belajar, bahkan jadwal deadline atau meeting untuk first-jobber, sehingga memudahkan dalam mengatur waktu agar lebih efektif dan efisien.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini