Simak Tips Hemat Bahan Bakar, Kala Bensin Boros Bikin Jengkel

Aci
Jumat 17 Maret 2023, 21:05 WIB
Ilustrasi: Pengisian bahan bakar bensin (Sumber :Instagram/shell_indonesia)

Ilustrasi: Pengisian bahan bakar bensin (Sumber :Instagram/shell_indonesia)

LABVIRAL.COM - Bensin cepat abis atau boros memang sangat menjengkelkan hal tersebut tentu saja sangat merugikan karena bensin yang boros dapat menguras kantong.

Beberapa cara dilakukan untuk dapat menghemat penggunaan bahan bakar tersebut bahkan ada yang sampai mengganti mesin dengan tujuan agar penggunaan bahan bakar jauh lebih hemat.

Baca Juga: Ternyata Ini Keuntungan Konversi Motor Bensin ke Listrik

Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber, cara menghemat penggunaan bahan bakar tanpa perlu mengganti mesin:

1. Perhatikan putaran mesin

Menjaga putaran mesin pada umumnya ukuran trosi mesin berada di angka 2.500-3.500 rpm, angka tersebut adalah angka yang aman untuk kamu mengganti gigi kendaraan karena pada angka tersebut bensin tidak akan terbuang sia-sia.

2. Penggunaan AC

Penggunaan AC dapat mempengaruhi boros hematnya bensin meskipun terdengar sepele tetapi AC mobil merupakan alat yang beroperasi dengan menggunakan tenaga mesin sebesar 5 PK. Tenaga tersebut berfungsi untuk menggerakkan beberapa sistem di dalam mobil apabila AC terus-menerus menyala selama mobil berjalan, maka bensin otomatis akan cepat berkurang.

Buka jendela dan manfaatkan sirkulasi udara alami ketika cuaca sedang tidak panas atau hujan. Selain itu, kamu juga bisa mematikan AC saat mobil sedang dalam keadaan menanjak untuk menghemat BBM.

Baca Juga: Anti Boros-boros Club! Simak Tips Hemat Bensin Mobil

3. Pemilihan oli

Pemilihan oli yang tidak tepat dapat mempengaruhi boros tidaknya bensin sebab oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Untuk itu pastikan oli yang kamu pilih membuat mesin berjalan dan bekerja lebih ringan.

Jika mesin tidak bermasalah, pemakaian bensin pun tidak akan sia-sia. Selain itu, kamu juga akan menghemat biaya perawatan. Pasalnya, oli yang terbaik akan menjaga mesin tetap mulus dan terhindar dari keropos dini.

Itu adalah 3 cara menghemat BBM tanpa menanti mesin yang dapat kamu coba sendiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini