Heboh Kasus Penipuan Kerja Like dan Subscribe Rugi Rp44 Juta, Simak Cara Menghindarinya

Yowan R
Jumat 14 Juli 2023, 19:59 WIB
Ilustrasi penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan (Sumber : BCA)

Ilustrasi penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan (Sumber : BCA)

LABVIRAL.COM - Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, berbagai aksi kejahatan kini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah penipuan online yang hadir dengan begitu banyak modus yang perlu diwaspadai.

Contoh modus penipuan online yang baru-baru ini tengah ramai diperbincangkan adalah penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan yang dilakukan secara online untuk melakukan tindakan “Like” dan “Subsribe” pada akun tertentu.

Nah, aksi penipuan online dengan modus menawarkan pekerjaan online ini telah memakan korban dengan kerugian yang diterima mencapai Rp44 juta. Korban penipuan tersebut adalah salah satu pekerja di Tangerang yang mengaku tergiur dengan tawaran pekerjaan yang disebarkan penipu.

Dalam melancarkan aksinya, penipu online dengan modus menawarkan pekerjaan online ini, mengatasnamakan sebagai anak perusahaan salah satu e-commerce besar di Indonesia.

Penipu tersebut akan mengatakan kepada calon korbannya bahwa pekerjaan atau “misi” yang harus dilakukan adalah memperbanyak pengunjung di toko daringnya.

Nah, mengingat penipuan online dengan modus menawarkan pekerjaan ini sedang marak terjadi. Para pengguna smartphone harus lebih jeli dalam membedakan antara penawaran kerja asli atau penipuan. Agar tetap terhindar dari penipuan online tersebut, pengguna bisa ikuti beberapa cara menghindari penipuan kerja online yang Labviral.com berikan berikut ini.

Cara menghindari penipuan kerja online

1. Cek nomor di GetContact

Umumnya, penipuan online ini akan menargetkan para pengguna smartphone secara acak. Jika kamu menjadi salah satu yang menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tak dikenal, alangkah baiknya mengeceknya terlebih dahulu.

Untuk mengecek nomor kontak yang tak dikenal, kamu dapat memanfaatkan aplikasi GetContact yang bisa diunduh di Play Store untuk smartphone Android atau App Store untuk iPhone. Di GetContact, kamu bisa mendapatkan informasi nama dari nomor asing yang menghubungi.

2. Abaikan pesan dan blokir nomor

Jika nomor yang diperiksa di GetContact ini ternyata nomor asing yang menawarkan kerja banyak diberi nama penipu, sebaiknya pesan yang dikirimnya diabaikan saja. Atau, kamu juga bisa memblokir nomor penipu tersebut.

3. Pastikan untuk tidak bergabung ke grup yang diarahkan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini