6 Fitur Baru Chabot AI Google Bard, Salah Satunya Dapat Merespon Suara

Yowan R
Jumat 14 Juli 2023, 20:34 WIB
Ilustrasi Google Bard. (Sumber : Twitter/@Mobile_Mixx)

Ilustrasi Google Bard. (Sumber : Twitter/@Mobile_Mixx)

LABVIRAL.COM - Google Brad meluncurkan sejumlah fitur baru dalam platformnya. Salah satu fitur tersebut adalah dapat merespon pertanyaan dengan suara. Fitur lainnya yang hadir meliputi dukungan bahasa baru hingga fitur yang semakin memudahkan pengguna mendapatkan informasi lewat Bard.

Sebagai informasi, Brad merupakan chatbot produk dari Google yang hadir tak lama setelah viralnya chatbot lain yang bernama ChatGPT. Nah, untuk pemberian fitur baru pada Google Bard ini merupakan pembaruan layanan terbesar semenjak dirilisnya Google Bard pada April 2023 lalu, seperti yang diungkapkan oleh VP Engineering Google Bard, Amamag Subramanya.

"Deretan fitur baru ini bisa dijajal pengguna Google Bard (termasuk yang ada di Indonesia) mulai hari ini, Kamis 13 Juli 2023," ungkap Subramanya dalam konferensi pers virtual, Kamis 13 Juli 2023.

Bagi kamu yang penasaran fitur baru apa saja yang hadir di chatbot AI Google Bard, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Fitur baru chatbot AI Google Bard

1. Merespon dengan Suara

Kini chatbot AI Google Bard tidak hanya dapat merespon lewat teks. Sebab, fitur terbarunya memungkinkan chatbot membalas dengan suara. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menekan tombol audio pada boks respon. Fitur tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

"Ada beberapa aspek orang akan lebih nyaman berbicara dan mendengarkan dibandingkan membaca dan menulis. Kami melihat ini cara terbaik untuk membuat teknologi bisa diakses," jelasnya.

2. Menggunakan Gambar

Pengguna juga bisa memberikan perintah atau pertanyaan menggunakan gambar yang diunggah ke dalam Bard. Chatbot itu akan menganalisa foto dengan bantuan Google Lens sebelum akhirnya memberikan respon. Fitur baru ini tersedia untuk bahasa Inggris.

"Jadi saya punya tugas untuk membersihkan meja di rumah dan akhirnya mengambil gambar dan kepada Bard mengatakan 'apakah kamu bisa memberikan saya ide bagaimana saya merapikan meja' dan hasilnya sangat bagus karena memberikan saya beberapa ide," kata Subramanya.

Caranya mudah, cukup pilih ikon '+' di samping kolom chat, lalu pilih 'upload file'. Format yang didukung adalah JPEG, PNG, dan WebP.

3. Menandai Respon

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini