Trik Hasilkan Foto Terbaik dengan Setting Default di Samsung Galaxy A54

Yusuf Tirtayasa
Senin 17 Juli 2023, 13:05 WIB
Samsung Galaxy A54. (Sumber : Samsung)

Samsung Galaxy A54. (Sumber : Samsung)

LABVIRAL.COM - Memotret dengan menggunakan setting default atau normal bisa dibilang cukup mudah. Meski begitu, terkadang pengguna kesulitan dalam mengoptimalkan hasil foto menggunakan pengaturan default.

Untuk itu, bagi para pengguna ponsel Samsung Galaxy A54, kamu tidak perlu khawatir kesulitan menghasilkan foto-foto terbaik dengan pengaturan default. Pasalnya, kamu bisa menerapkan sejumlah trik supaya dapat menghasilkan foto yang mengesankan.

Samsung Galaxy A54 mengusung formasi triple camera yang terdiri dari kamera utama 50MP dengan OIS dan sensor All-Pixel AF, lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP, serta memiliki selfie camera dengan resolusi 32MP.

Dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih, Galaxy A54 diklaim mampu merekam foto dan video dalam berbagai kondisi pencahayaan. Selain itu, ponsel ini juga memiliki settingan yang lengkap, mulai dari settingan default alias normal, sampai dengan settingan pro dan night mode untuk pemotretan pada kondisi low light.

Dengan kemampuan kamera tersebut, ponsel ini akan mendukung kamu supaya dapat menghasilkan foto-foto yang luar biasa, meski menggunakan settingan normal. Berikut ini tips merekam foto terbaik dengan settingan default di Samsung Galaxy A54.

Aktifkan Grid Lines 

Langkah paling awal supaya dapat menghasilkan foto-foto terbaik adalah dengan mengaktifkan grid lines atau camera grid. Grid Lines merupakan alat bantu visual berupa empat garis horizontal dan vertikal, yang muncul di layar saat kamu mengaktifkan kamera. Grid lines akan mempermudah kamu untuk memposisikan objek foto.

Adapun cara mengaktifkan Grid Lines, yaitu:

  • Buka aplikasi kamera.
  • Kemudian, klik pengaturan kamera pada kiri atas layar.
  • Setelah itu, kamu tinggal geser tombol Grid Lines untuk mengaktifkannya.

Pertahankan Fokus dan Cahaya 

Supaya hasil foto kamu terlihat bagus, maka jangan biarkan foto yang kamu jepret hasilnya tidak fokus, kurang tajam, blur, atau kurang cahaya. Untuk itu, setiap kali hendak memotret, biasakan untuk menekan layar kamera, saat lingkaran fokus muncul, lalu kunci lingkaran itu. Hal ini dilakukan supaya fokus dan pencahayaannya tidak berubah. Dengan begitu, fokus dan pencahayaan kamera akan tetap dan tentunya membantu menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Maksimalkan Fitur yang Ada

Aplikasi Kamera pada Samsung Galaxy A54 5G memiliki beberapa fitur yang bisa kamu maksimalkan untuk menghasilkan foto-foto tersebut. Misalnya, pada Portrait Mode, kamu bisa memanfaatkan sumber-sumber cahaya yang ada untuk memberikan efek dramatis pada objek foto. Manfaatkan juga Wide Mode, untuk memberikan Field of View atau perspektif yang lebih luas dan memberi kesan grandeur pada fotomu.

Selain itu, ponsel ini juga punya Macro Mode. Di mana mode ini bisa kamu gunakan untuk memotret objek yang kecil, seperti serangga, kelopak bunga, atau kamu ingin menampilkan detail dari sebuah objek foto, seperti detail urat daun, tetesan embun, makanan, dan sebagainya.

Kemudian, bagi yang suka selfie, kamu juga dapat mengoptimalkan kameranya untuk merekam foto selfie yang terang, tajam, dengan efek bokeh yang dramatis.

Capture the Moment 

Setelah grid lines sudah diaktifkan, kamu bisa mulai mengamati berbagai momen yang terlihat, kemudian membidiknya. Dalam hal ini, kamu juga bisa mencoba salah satu teknik fotografi yang menarik, yaitu panning, untuk menangkap suatu momen dan menghasilkan foto yang artistik. 

Teknik panning merupakan teknik fotografi untuk membekukan gerakan obyek foto yang bergerak. Ciri foto dengan teknik ini adalah obyek fotonya fokus atau tajam, sedangkan background-nya blur.

Cara menggunakan teknik ini, yaitu dengan lacak objek foto, lalu tempatkan objek foto di tengah layar kamera menurut panduan grid lines. Kemudian, kunci lingkaran fokus. Selanjutnya, ikuti objek foto yang bergerak dan pertahankan tetap di tengah grid lines. Saat objek foto sudah berada di posisi yang diinginkan, tekan shutter dengan tenang.

Olah Foto dengan Tools Editing

Setelah foto dihasilkan, kamu masih bisa mengolah foto-foto tersebut sehingga hasilnya makin memukau. Misalnya, kamu ingin menghapuskan objek foto lain yang tidak sengaja terekam. Di sini kamu bisa menggunakan tools editing bernama Object Eraser. Adapun cara menggunakan tools Object Eraser, yaitu:

  • Buka foto yang akan diolah dari Gallery.
  • Lalu, klik ikon gambar pensil.
  • Berikutnya, klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas.
  • Kemudian, lingkari objek yang ingin dihapus.
  • Klik tombol erase.
  • Setelah itu, software kamera dari Galaxy A54 akan langsung menghapus objek yang sudah kamu lingkari dengan rapih.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini