HP Xiaomi Milikmu Stuck Logo Terus Menerus? Begini Cara Mengatasinya

Yowan R
Senin 17 Juli 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi HP Xiaomi yang stuck logo (Sumber : youtube.com/TEKNISI NDESO)

Ilustrasi HP Xiaomi yang stuck logo (Sumber : youtube.com/TEKNISI NDESO)

LABVIRAL.COM - Saat HP Xiaomi milikmu stuck di logo terus menerus tentu akan membuat pekerjaan menjadi terhambat karena HP jadi tidak bisa digunakan sama sekali.

Seperti halnya HP lain saat mengalami masalah yang sama biasanya terjadi karena kesalahan penggunaan. HP yang stuck logo terus menerus ini sering juga bisa dinamakan dengan Bootloop.

Bootlop ini merupakan masalah di mana perangkat Android terjebak dalam siklus booting yang terus-menerus, tanpa bisa masuk ke sistem operasi yang lengkap.

Selain karena kesalahan pengguna, bootloop juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari gangguan file sistem, virus, malware, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi HP Xiaomi yang stuck logo terus menerus atau bootloop ini? Penasaran seperti apa caranya, langsung saja simak langkah untuk mengatasinya seperti berikut ini.

Cara mengatasi HP Xiaomi yang stuck logo terus menerus

1. Hapus cache partition

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi yang stuck logo terus menerus adalah dengan menghapus cache partition. Cache partition pada HP Android adalah penyimpanan khusus yang digunakan oleh sistem operasi untuk menyimpan data sementara (cache) dari aplikasi, sistem, ataupun proses lainnya. Untuk mengatasinya, ikuti langkah berikut.

  • Kamu hanya perlu menuju "Recovery Mode" dan pilih "Wipe Cache Partition"
  • Selanjutnya klik "Yes"
  • Sebagai informasi, letak "Recovery Mode" tidak sama pada setiap HP Android

Umumnya pengguna akan menemukan menu ini dengan menekan tombol "Home", "Volume Up", dan "Power" secara bersamaan. Tapi, jika kamu masih belum menemukan menu ini, kamu dapat melakukan restart HP dan diamkan beberapa menit.

2. Cabut kartu SIM dan microSD

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mencabut kartu SIM dan dan microSD. Kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan mendiamkan HP selama 30 menit hingga 24 ham agar proses restart dapat berjalan dengan maksimal.

3. Reset pabrik

Jika dua cara diatas sudah dilakukan dan bootloop masih belum dapat teratasi, kamu dapat menanganinya dengan melakukan reset pabrik. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, buka menu "Setelan/Settings"
  • Pilih opsi "Setelan tambahan"
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi "Setel ulang pabrik"
  • Selanjutnya, pilih "Hapus seluruh data" dan tekan tombol daya
  • Tunggu sampai smartphone Anda menyala kembali seperti semula

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan sendiri saat HP Xiaomi milikmu mengalami masalah stuck logo terus menerus. Tapi, jika semua cara diatas sudah dilakukan namun masalah belum juga teratasi, maka kamu harus membawa HP Xiaomi milikmu ke tempat service untuk penanganan lebih lanjut.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini