WhatsApp Tidak Dapat Mengedit Pesan? Begini Cara Mengatasinya

Yowan R
Selasa 18 Juli 2023, 21:08 WIB
Ilustrasi edit pesan di WhatsApp(Sumber : wabetainfo.com)

Ilustrasi edit pesan di WhatsApp(Sumber : wabetainfo.com)

LABVIRAL.COM - Bagi para pengguna smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pesan instan yang bernama WhatsApp. Bagaimana tidak,WhatsApp sendiri menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang memiliki pengguna terbanyak di dunia.

WhatsApp digunakan oleh banyak orang sebagai aplikasi pesan instan karena terjamin tingkat keamanan datanya. Selain itu, WhatsApp juga populer karena memiliki berbagai fitur menarik yang memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi.

Ditambah lagi, belum lama ini WhatsApp juga meluncurkan fitur baru dimana para penggunanya kini dapat mengedit pesan yang telah terkirim. Meskipun demikian, tak jarang para pengguna WhatsApp masih tidak bisa menggunakan fitur baru tersebut karena berbagai alasan. Salah satunya karena aplikasi WhatsApp yang digunakan masih versi lama.

Cara mengatasi tidak dapat mengedit pesan WhatsApp

Jika kamu menjadi salah satu pengguna WhatsApp yang tidak dapat menggunakan fitur baru edit pesan WhatsApp yang telah terkirim, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini berdasarkan penyebabnya.

1. Update aplikasi

Jika kamu tidak menemukan fitur edit pesan di menu chatting WhatsApp, maka bisa dipastikan penyebabnya karena aplikasi WhatsApp masih menggunakan versi lama. Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan pembaruan ke versi terbaru di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Cari aplikasi "WhatsApp"
  • Klik "Update"

2. Waktu edit habis

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengedit chat berulang kali. Namun, perlu diketahui jika WhatsApp hanya membatasi waktu pengeditan chat maksimal 15 menit.

Jika kamu sudah tidak menemukan fitur edit pesan kembali, maka berarti waktu edit telah habis. Untuk mengedit pesan kembali,  kamu dapat menggunakan cara manual sebelumnya, seperti menghapus chat terlebih dahulu, kemudian menulis ulang teksnya dan mengirim ulang.

3. Reinstall WhatsApp

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan untuk melakukan backup chat terlebih dahulu. Untuk melakukan backup chat, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka menu "Pengaturan"
  • Pilih "Chats"
  • Selanjutnya klik "Chat backup".

Setelah itu, kamu dapat menunggu hingga proses backup selesai dan kamu dapat melanjutkannya dengan menginstal kembali WhatsApp dan unduh aplikasi di Play Store atau App Store. Cara ini dapat mengatasi permasalahan mengedit pesan di WhatsApp.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini