Cara Mudah Refund Google Play Serta Syarat-syaratnya

Yowan R
Kamis 20 Juli 2023, 22:19 WIB
Refund pembelian aplikasi atau game di Google Play (Sumber : Labviral.com)

Refund pembelian aplikasi atau game di Google Play (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Membeli aplikasi maupun game di Google Play kini semakin mudah. Pembayarannya bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran.

Selain memiliki banyak metode pembayaran, Google Play juga memberikan opsi pembatalan pembelian (refund) bagi para pengguna yang tidak sengaja melakukan pembelian di Google Play.

Sayangnya, masih banyak para pengguna Google Play yang belum tahu bagaimana cara refund Google Play, padahal cara melakukannya sangat mudah. Asalkan pengguna memenuhi syarat, refund Google Play dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Untuk melakukan refund di Google Play ada beberapa syarat dalam pengajuannya. Salah satunya yaitu pengajuan refund yang memiliki batas waktu paling lama 48 jam setelah pembelian.

Refund juga berlaku untuk film dan pembelian buku di Google Play Books dengan syarat film yang dibeli belum pernah diputar sama sekali dalam tujuh hari setelah pembelian. Begitu juga dengan refund ebook dengan syarat adalah kamu belum pernah membuka atau mengunduh ebook tersebut selama kurang dari tujuh hari pasca pembelian.

Untuk cara refund Google Play ini, kamu bisa ikuti cara selengkapnya di bawah ini.

Cara refund Google Play melalui aplikasi

Untuk melakukan refund pembelian aplikasi di Google Play disarankan langsung melalui aplikasi Play Store di perangkat Android yang kamu gunakan.

  • Buka aplikasi Google Play Store di perangkatmu.
  • Klik ikon "Profil" di pojok kanan atas.
  • Pilih "Pembayaran & langganan".
  • Klik "Anggaran & histori ".
  • Pilih pembelian aplikasi yang  kamu ingin refund;
  • Klik "Laporkan masalah".
  • Pilih alasan permintaan pengembalian dana.
  • Klik "Permintaan pengembalian dana".

Jika berhasil melakukan refund, proses pengembalian dana biasanya membutuhkan waktu selama satu hari kerja. Pengembalian dananya akan masuk sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan.

Tapi, saat kamu mengajukan refund dan Google Play belum memproses permintaan dalam waktu 48 jam, kamu dapat menghubungi tim dukungan Google Play.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini