5 Tips Ampuh untuk Memperkuat Sinyal Internet

Yowan R
Jumat 21 Juli 2023, 20:53 WIB
Ilustrasi penggunaan HP dengan jaringan internet yang lambat (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi penggunaan HP dengan jaringan internet yang lambat (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Ada kalanya sinyal internet di ponsel melambat atau lemot. Saat sinyal ini lemot, tentu saja menjadi kendala untuk melakukan komunikasi. Seperti, panggilan telepon yang tidak lancar dan terputus-putus, chat yang dikirim dan chat masuk menjadi pending alias tertunda, lemot saat melakukan browsing, ataupun sering mengalami buffering saat menonton video di YouTube.

Sinyal internet yang lemot ini biasanya terjadi di wilayah pedesaan, dimana daerah tersebut masih belum memiliki banyak tower penguat sinyal.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan sinyal internet agar menjadi lebih kuat? Nah bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mengatasinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Restart HP

Untuk mengatasi sinyal internet yang lemah salah satunya adalah restart HP. Dengan melakukan restart HP, semua proses dan kinerja HP akan dimulai dari awal serta secara otomatis HP juga akan mencari jaringan baru.

Disamping bermanfaat untuk mengatasi sinyal, restart HP juga dapat mengatasi berbagai masalah seperti aplikasi error dan kendala lainnya yang mungkin terjadi di HP.

2. Aktifkan dan nonaktifkan airplane mode

Cara selanjutnya untuk mengatasi sinyal internet yang lemah adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan airplane mode. Sebab, saat pengguna mengaktifkan airplane mode dan menonaktifkan airplane mode HP akan merefresh koneksi internetnya.

3. Cek SIM card

Saat indikator sinyal HP tidak muncul secara tiba-tiba, ada baiknya untuk cek ulang pada bagian SIM card yang sudah terpasang pada slotnya. Pastikan SIM card terpasang dengan benar dan pas.

SIM card yang pemasangannya tidak tepat, dapat menyebabkan SIM card tidak terdeteksi, sehingga sinyal menjadi tidak muncul.

4. Pindah setelan jaringan ke LTE saja

Selain dengan tiga cara diatas, kamu juga dapat mengatasi sinyal yang lemot dengan cara memindah setelan jaringan ke LTE saja. Caranya cukup mudah dilakukan kamu hanya perlu masuk pada pengaturan dan cari pengaturan jaringan. Selanjutnya kamu hanya perlu mengubah pengaturannya menjadi LTE atau 4G Only.

5. Gunakan penguat sinyal atau repeater

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

5 Cara Bikin Sinyal WiFi di Rumah Ngebut

Jumat 28 April 2023, 22:02 WIB
5 Cara Bikin Sinyal WiFi di Rumah Ngebut
Berita Terkini