Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Yowan R
Sabtu 22 Juli 2023, 20:55 WIB
Ilustrasi voucher Telkomsel (Sumber : telkmosel.com)

Ilustrasi voucher Telkomsel (Sumber : telkmosel.com)

LABVIRAL.COM - Voucher Telkomsel yang tidak dapat dipakai, umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti server yang sedang sibuk, perbedaan regional jaringan, kesalahan input nomor kode dan lain sebagainya.

Jika kamu juga mengalami masalah voucher Telkomsel yang dibeli tidak dapat dipakai, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang akan Labviral.com berikan di bawah ini.

Nah, sebelum mencoba untuk mengatasi masalah voucher Telkomsel tidak dapat dipakai ini, ada baiknya kamu untuk mengetahui penyebab-penyebabnya, seperti berikut.

Penyebab voucher Telkomsel tidak dapat dipakai

Seperti yang sudah disinggung di atas, penyebab voucher Telkomsel yang tidak dapat dipakai ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, beberapa penyebab umum yang biasanya terjadi di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Salah memasukkan format atau kode voucher.
  • Masalah pada jaringan, seperti sinyal yang jelek, gangguan operator, dll.
  • Voucher beda regional, biasanya ditandai dengan pesan “Maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda”.
  • Kesalahan sistem, biasanya muncul pesan “Maaf sistem sedang sibuk”
  • Cara mengatasi voucher Telkomsel yang tidak dapat dipakai

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatasi masalah voucher Telkomsel tidak dapat dipakai dengan cara berikut ini.

1. Aktifkan dan nonaktifkan airplane mode

Voucher tidak dapat digunakan bisa juga karena server sedang sibuk. Kamu dapat cek jaringan dengan melakukan on/off mode pesawat untuk refresh jaringan.

Selain itu, pastikan kode dial di *133# saat ingin memasukkan kode voucher. Jika salah memasukkan kode dial, maka bisa dipastikan hasilnya kode MMI tidak valid.

2. Hubungi Call Center

Untuk cara menghubungi call center Telkomsel, buka menu telepon atau panggilan pada ponsel, kemudian ketikkan 188 lalu panggil menggunakan kartu SIM Telkomsel. Tunggu hingga mesin otomatis selesai berbicara. Tekan 1 lalu mesin otomatis akan berbicara kembali, setelah selesai berbicara silahkan tekan 4.

Setelah itu, kamu akan ditanya apakah bersedia membayar tarif untuk berbicara dengan call center. Tekan 1 untuk tersambung dengan operator 188. Apabila operator sedang tidak sibuk, maka akan langsung dilayani.

Namun, jika operator sedang melayani pelanggan lain, maka akan diminta untuk menunggu beberapa saat. Setelah terhubung dengan operator 188, silahkan jelaskan masalah terkait gagal isi voucher Telkomsel karena sistem sedang sibuk. Nantinya operator akan memberikan solusi terbaik.

3. Cek regional voucher

JIka kamu membeli voucher telkomsel di lokasi yang berbeda dengan lokasi saat kamu mengaktifkannya, maka akan muncul pesan error “Maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda”.

Dalam kemasan voucher, biasanya akan dicantumkan informasi regional atau wilayah yang bisa digunakan. Untuk mengatasi voucher telkomsel yang beda regional, kamu harus mengaktifkan voucher tersebut di lokasi yang sesuai dengan regional yang tertera pada kemasan.

Misalnya, jika regional yang tertera adalah Jawa Tengah, maka kamu harus mengaktifkannya di daerah Jawa Tengah juga. Alternatifnya, kamu harus mengembalikannya kepada penjual dan menukarkannya dengan voucher yang sesuai regional tempat tinggalmu saat ini.

4. Cek masa penggunaan voucher Telkomsel

Misalnya, jika regional yang tertera adalah Jawa Tengah, maka kamu harus mengaktifkannya di daerah Jawa Tengah juga. Alternatifnya, kamu harus mengembalikannya kepada penjual dan menukarkannya dengan voucher yang sesuai regional tempat tinggalmu saat ini.

5. Ubah Jaringan

Silahkan coba untuk ubah jaringan di HP lewat menu pengaturan jaringan, dari semula jaringan 4G ubah ke jaringan 3G atau 2G terlebih dahulu. Jika sudah, coba ulangi kembali memasukan kode voucher internet Telkomsel di HP.

6. Restart HP

Sembari menunggu untuk mengaktifkan voucher isi ulang kembali, tidak ada salahnya untuk merestart ponsel. Dengan melakukan restart ulang ponsel, sistem yang bekerja pada ponsel akan kembali maksimal dan bukan tidak mungkin berpengaruh pada masalah ini. Setelah mematikan dan menghidupkan kembali ponsel, silahkan coba kembali mengisi voucher data Telkomsel.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini