Cara Hapus Akun WhatsApp di Android secara Permanen dengan Mudah!

Yowan R
Selasa 25 Juli 2023, 21:40 WIB
Hapus Akun WhatsApp permanen (Sumber : Labviral.com)

Hapus Akun WhatsApp permanen (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan pesan instan yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia. Tak terkecuali di Indonesia, WhatsApp juga menjadi aplikasi pesan instan yang digunakan hampir semua para pengguna smartphone.

Pesan melalui WhatsApp, dikirim secara online melalui nomor HP yang terdaftar bersama akun Google. Saat pemilik akun WhatsApp ingin mengganti nomor, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menghapus akun WhatsApp tersebut.

Penghapusan akun WhatsApp ini juga bisa dilakukan oleh pengguna karena beberapa alasan seperti membatasi dirinya dari penggunaan media sosial atau nomor yang digunakan untuk akun WhatsApp miliknya sudah hangus atau kadaluarsa.

Jika kamu salah satu pengguna WhatsApp yang ingin menghapus akunnya, nggak perlu khawatir. Sebab, untuk menghapus akun WhatsApp ini sangat mudah dilakukan, khususnya untuk smartphone Android.

Penasaran seperti apa caranya? langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara menghapus akun WhatsApp di smartphone Android

Sebelum menghapus akun WhatsApp secara permanen, ada baiknya untuk mencadangkan data pada akun WhatsApp terlebih dahulu. Mencadangkan data ini diperlukan dan menghapus akun ini diperlukan agar data pribadi pengguna tidak tersimpan secara permanen.

Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti cara berikut:

  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih "Chats" Klik "Chat Backup"
  • Kemudian klik "Backup to Google Drive"
  • Pastikan pengguna sudah login ke akun Google yang aktif
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan. Pengguna dapat memilih "Never" agar aplikasi tidak dapat mencadangkan data secara berkala.

Setelah data berhasil dicadangkan, selanjutnya kamu dapat memulai untuk menghapus akun WhatsApp dengan cara seperti berikut:

  • Klik menu titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih "Settings" Klik "Account"
  • Pilih "Delete my Account"
  • Masukkan nomor telepon pengguna dalam format yang benar
  • Kemudian pilih "Hapus akun saya"
  • Pilih alasan mengapa pengguna ingin menghapus akun di menu drop-down
  • Setelah memilih, klik "Hapus akun saya"

Nah itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun WhatsApp secara permanen melalui smartphone Android. Perlu diingat, akun WhatsApp yang dihapus secara permanen, maka seluruh penghapusan terjadi termasuk riwayat pesan pengguna. Selain itu, pengguna juga akan keluar secara otomatis dari semua grup WhatsApp dan daftar kontak yang tersimpan.

Untuk proses penghapusan informasi akun WA juga membutuhkan hingga 90 hari atau sekitar tiga bulan. Artinya, selama periode tersebut, pengguna tidak bisa login ke akun WA dan tidak dapat mengakses data yang tersisa.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini