Cara Isi Daya Baterai iPhone yang Benar, Bikin Battery Health tetap Terjaga

Yowan R
Selasa 25 Juli 2023, 23:16 WIB
Ilustrasi pengisian daya iPhone (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi pengisian daya iPhone (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - Baterai merupakan salah satu komponen penting yang wajib ada pada sebuah smartphone. Tanpa adanya baterai pada smartphone, tanpa adanya baterai, daya pada smartphone tidak akan dapat tersalurkan dengan baik dan smartphone menjadi tidak dapat menyala.

Agar baterai dapat digunakan, tentunya baterai smartphone harus di charge atau diisi dayanya. Tapi perlu diingat, untuk mengisi daya smartphone seperti iPhone tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, akan merusak device dan biaya service perangkat iPhone ini cukup mahal.

Seperti yang kita tahu, baterai pada iPhone memang menjadi salah satu aspek yang rawan karena sering dianggap boros. Tapi, umumnya hal ini terjadi karena cara mengisi daya iPhone yang salah.

Agar umur baterai iphone menjadi lebih panjang dan Battery Health tetap bagus, pengguna iPhone harus melakukan pengisian daya atau charge dengan baik dan benar.

Untuk melakukan pengisian daya atau charge iPhone dengan baik dan benar, kamu bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara mengisi baterai iPhone yang benar

1. Hindari pengisian baterai iPhone kurang dari 20%

Kebanyakan smartphone saat ini menggunakan baterai dengan jenis Lithium, termasuk pada baterai iPhone. Baterai lithium memiliki banyak kelebihan, salah satunya yakni ringan.

Baterai jenis Lithium tidak dianjurkan menunggu diisi sampai status penyimpanan 0% alias sampai HP mati. Karena itu, sangat disarankan untuk mengisi baterai diatas 20%, terkadang kapasitas baterai yang kecil juga membuat waktu pemakaian jadi lebih cepat. Jadi, pengguna biasanya tidak akan sadar kalau tiba-tiba sisa daya tinggal 5% atau bahkan sampai HP mati.

2. Gunakan charger original iPhone

Charger yang palsu dapat membuat kesehatan baterai iPhone menjadi turun kualitasnya dan baterai iPhone menjadi boros. Lebih parahnya lagi, penggunaan charger palsu dapat membuat baterai iPhone menjadi bocor.

Pastikan untuk selalu menggunakan charger original Apple atau bisa juga menggunakan charger aftermarket yang telah memiliki sertifikat MFI atau Made For iPhone.

3. Membuka casing saat pengisian daya iPhone

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini