Cara Mengatasi Notepad yang Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Yowan R
Rabu 26 Juli 2023, 15:14 WIB
Notepad for Windows 10 (Sumber : Labviral.com)

Notepad for Windows 10 (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Notepad merupakan aplikasi text editor sederhana yang umumnya sudah langsung terinstal sebagai software bawaan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows.

Aplikasi ini digunakan untuk melihat, membuat, dan mengedit file teks kapanpun saat dibutuhkan. Dengan fungsinya yang cukup luas ini membuat notepad sering digunakan untuk mengedit batch dan log files.

Meskipun demikian, ada beberapa faktor yang terkadang mengakibatkan Notepad tidak dapat dibuka pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10, mulai dari kesalahan aplikasi sementara, hingga file akun pengguna yang rusak.

Jika kamu pengguna laptop atau komputer dengan Windows 10 mengalami masalah notepadnya tidak dapat dibuka, kamu nggak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Penasaran apa saja caranya? langsung saja, ikuti selengkapnya di bawah ini dikutip dari lama Makeuseof.

1. Gunakan metode alternatif untuk membuka Notepad

Sebelum mencoba solusi lanjutan apapun, pastikan terlebih dahulu apakaha dapat membuka Notepad menggunakan alat Jalankan. Tekan Win + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik notepad di bidang Buka dan tekan Enter .

Jika tidak berhasil, coba buka Notepad melalui alat baris perintah. Buka menu pencarian untuk meluncurkan Command Prompt atau PowerShell . Di konsol, ketik notepad lalu tekan Enter .

Kamu juga dapat memanfaatkan Cortana untuk membuka Notepad. Namun, jika tidak ada metode ini yang berhasil, ada baiknya untuk mengikuti cara selanjutnya.

2. Atur Notepad sebagai editor teks default

Jika Notepad tidak disetel sebagai aplikasi editor teks default di Windows, file teks mungkin terbuka di aplikasi lain. Jika kamu tidak menginginkan hal ini maka, gunakan langkah-langkah ini untuk menyetel Notepad sebagai aplikasi editor teks default.

  • Buka menu Mulai dan klik ikon roda gigi untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan.
  • Arahkan ke tab Aplikasi .
  • Pilih Aplikasi default dari panel kanan.
  • Gulir ke bawah ke bagian Setelan terkait .
  • Klik Pilih default menurut jenis file .
  • Ketik .txt di kotak pencarian dan klik aplikasi default saat ini.
  • Pilih Notepad dan klik tombol Set default .
  • Coba buka beberapa file teks dan lihat apakah file tersebut terbuka di Notepad.

3. Perbaiki atau reset aplikasi Notepad

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini