Waspada! Modus Pinjol Ilegal Buat Jebak Orang, Kamu Wajib Tahu Supaya Nggak Kena Masalah

Ananta
Rabu 08 Maret 2023, 12:42 WIB
Ilustrasi Pinjaman online (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi Pinjaman online (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Pernahkah kamu dengar tentang pinjol ilegal? Yap, itu dia, layanan pinjaman online yang tidak berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau kamu mau ambil pinjaman, sebaiknya jangan sampai salah pilih ya! Soalnya, banyak tuh modus yang mereka pakai untuk memancing kamu. Nah, supaya kamu tidak terjebak, berikut LabViral.com sajikan sejumlah modus yang biasa dipakai oleh pinjol ilegal.

1. Menawarkan bunga rendah dan biaya admin murah

Mereka memang tidak menawarkan bunga dan biaya admin yang mahal seperti bank. Tapi tahukah kamu, bahwa ada pinjol ilegal yang mematok bunga sangat rendah? Ya, rendah banget bahkan di bawah 1% per hari.

Jangan tergiur, itu hanyalah jebakan. Saat kamu sudah terjerat utang di sana, mereka akan memaksa kamu membayar biaya lain, seperti biaya pencairan, biaya klaim asuransi, biaya administrasi, dan lain sebagainya.

2. Penawarannya terlalu bagus untuk jadi kenyataan

Kamu juga harus waspada dengan penawaran yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan. Kalau kamu temukan penawaran yang terlalu fantastis, kayak "pinjaman tanpa jaminan dengan bunga 0%," atau "dana cair dalam hitungan menit," itu bisa jadi modus penipuan. Terlebih lagi, kalau kamu diminta untuk memberikan data pribadi yang terlalu detail, seperti nomor KTP, nomor rekening, nomor telepon rumah, dan sebagainya.

3. Menggunakan akun media sosial palsu untuk beriklan

Modus lain yang biasanya digunakan oleh pinjol ilegal adalah dengan memanfaatkan media sosial. Mereka akan membuat akun palsu, lalu mengiklankan layanan pinjaman mereka di sana.

Baca Juga: Daftar 85 Pinjol Ilegal Terbaru Tahun 2023, Cek Nama-namanya di Sini Biar Tidak Auto Miskin

Mereka akan menggunakan foto-foto dan testimoni palsu untuk meyakinkan kamu bahwa layanan mereka legit. Jangan mudah percaya, ya! Pastikan kamu memeriksa legalitas perusahaan pinjaman online sebelum mengajukan pinjaman.

4. Sering mengirimkan pesan singkat atau email 

Kamu juga harus berhati-hati kalau kamu menerima pesan singkat atau email dari pinjol ilegal. Modus ini biasa disebut "spamming." Mereka akan mengirimkan pesan-pesan yang menggoda, kayak "butuh dana tunai sekarang juga? Pinjaman mudah tanpa ribet!" Jangan tertipu, ya. Selalu periksa dulu legalitas perusahaan pinjaman online tersebut.

5. Langsung transfer ke rekening korban

Para pelaku pinjol ilegal kadang suka main curang dengan modus langsung transfer ke rekening korban. Ya tau lah, mereka langsung transferin duit padahal kamu gak pernah pinjem di pinjol ilegal yang transfer duit itu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini