Chat GPT AI Bahasa Indonesia: Kemampuan dan Kelebihannya

Yusuf Tirtayasa
Kamis 27 Juli 2023, 22:51 WIB
Ilustrasi chatgpt (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi chatgpt (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Chatbot adalah sebuah program komputer yang bisa berkomunikasi dengan manusia melalui teks atau suara. Chatbot biasanya digunakan untuk memberikan informasi, hiburan, layanan, atau bantuan kepada pengguna. Chatbot juga bisa menjadi teman berbincang yang menyenangkan dan menghibur.

Salah satu chatbot yang populer saat ini adalah Chat GPT. Chat GPT adalah chatbot berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah organisasi penelitian nirlaba yang didirikan oleh Elon Musk dan sejumlah tokoh teknologi lainnya.

Chat GPT merupakan singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer, yang secara harafiah berarti Transformer Pra-terlatih Obrolan Generatif. Chat GPT menggunakan model bahasa generatif yang bisa memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan atau perintah teks.

Chat GPT dibuat berdasarkan GPT-3.5, sebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning. OpenAI juga diketahui sudah mengembangkan GPT-4 yang tersedia untuk pengguna Chat GPT Plus, layanan Chat GPT berbayar.

Chat GPT memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan penggunanya dengan cepat dan akurat. Selain itu, chatbot ini juga bisa mengerjakan perintah berbasis teks yang diinginkan pengguna, seperti membuat esai, mengerjakan tugas sekolah, membuat puisi, dan hal lainnya.

Salah satu kelebihan Chat GPT adalah kemampuannya untuk berbahasa Indonesia. Jadi, pengguna di Indonesia bisa mengajukan perintah atau pertanyaan dalam bahasa Indonesia yang kemudian akan mendapat jawaban dalam bahasa yang sama.

Bagaimana cara menggunakan Chat GPT dalam bahasa Indonesia? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Kunjungi situs web https://chat.openai.com/auth/login.

2. Login menggunakan email, akun Microsoft, atau akun Apple.Jika belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri Anda.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini