Cara Menghentikan WhatsApp yang Disadap dengan Mudah

Yowan R
Jumat 28 Juli 2023, 20:21 WIB
Ilustrasi cara logout akun WhatsApp dari perangkat lain (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi cara logout akun WhatsApp dari perangkat lain (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Aksi penyadapan akun WhatsApp masih menjadi ancaman sampai saat ini. Jika akun WhatsApp milikmu merasa ada yang menyadap, maka kamu harus segera menghentikannya agar tidak semakin parah.

Penyadapan akun WhatsApp ini dilakukan dengan mengintip informasi di akun WhatsApp orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan pemiliknya. Penyadapan akun WhatsApp ini biasanya dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Web.

Untuk menghentikan penyadapan akun WhatsApp ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti selengkapnya di bawah ini.

Cara menghentikan akun WhatsApp yang disadap

1. Keluar dari perangkat yang tak dikenal

Salah satu cara untuk menghentikan akun WhatsApp yang disadap adalah mengeluarkan perangkat tak dikenal yang baru saja login ke akun WhatsApp milikmu.

Hal ini karena ada beberapa metode penyadapan WhatsApp yang menggunakan barcode untuk login ke akun target. Saat sudah login, maka perangkat tersebut akan tercatat di akun WhatsApp-mu.

Jika sudah demikian, kamu bisa menghentikannya dengan mengeluarkan perangkat tersebut dari WhatsApp-mu dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik ikon titik tiga, kemudian pilih Linked Device (Perangkat Tertaut)
  • Perhatikan daftar perangkat yang ditampilkan
  • Klik pada perangkat yang tidak kamu kenal
  • Klik Logout (Keluar) untuk menghentikan penyadapan WhatsApp

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Di beberapa kasus penyadapan akun WhatsApp, biasanya pelaku memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk melancarkan aksinya. Umumnya, aplikasi ini akan dipasangkan ke HP target untuk membaca seluruh percakapan WhatsApp yang sedang dilakukan.

Karena itu, untuk melakukannya kamu harus menghapus aplikasi tak dikenal yang dianggap mencurigakan. Untuk menghapusnya, kamu cukup buka menu di HP, kemudian tekan dan tahan aplikasi yang tak dikenal, kemudian pilih Hapus atau Uninstall.

3. Matikan fitur GPS untuk sementara

Selain menggunakan dua cara diatas, untuk menghentikan akun WhatsApp yang disadap ini bisa dilakukan dengan mematikan sementara fitur GPS pada HP.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini