Cara Mengamankan Akun WhatsApp di HP yang Hilang Dicuri

Yowan R
Minggu 30 Juli 2023, 19:17 WIB
Amankan akun WhatsApp di HP yang hilang atau dicuri (Sumber : Labviral.com)

Amankan akun WhatsApp di HP yang hilang atau dicuri (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Mengamankan akun WhatsApp memang perlu dilakukan oleh para penggunanya untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab jika sewaktu-waktu HP yang digunakan hilang atau dicuri.

Meskipun HP yang hilang atau dicuri ini pasti tidak diinginkan oleh semua pengguna HP, tapi ada baiknya para pengguna HP untuk berjaga-jaga dengan mengamankan akun WhatsAppnya. Sebab, pada WhatsApp tersimpan banyak data pribadi yang tidak boleh diakses orang asing.

Jika kamu menjadi salah satu korban yang Hpnya hilang atau dicuri, kamu dapat mengamankan akun WhatsApp terlebih dahulu agar orang yang menemukan HP atau pencuri tidak dapat mengakses informasi-informasi penting seperti foto, chating dll.

Lalu, bagaimana cara untuk mengamankan akun WhatsApp jika HP hilang atau dicuri? Biar nggak penasaran, kamu bisa simak penjelasan dari Labviral.com di bawah ini.

Cara untuk mengamankan akun WhatsApp jika HP hilang atau dicuri

Untuk mengamankan akun WhatsApp yang hilang atau dicuri ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti dikutip dari laman resmi WhatsApp, cara ini dapat diterapkan pada akun WhatsApp Messenger biasa ataupun akun WhatsApp bisnis.

Untuk cara selengkapnya, kamu bisa ikuti selengkapnya berikut ini:

1. Kirim email ke WhatsApp

Cara untuk mengamankan akun WhatsApp saat HP hilang atau dicuri yang pertama yaitu dengan mengirimkan email ke WhatsApp. Email yang dikirim ke pihak WhatsApp ini berisi permohonan untuk menonaktifkan akun WA pengguna.

Langkah untuk mengirimkan permohonan penonaktifan akun WhatsApp, kamu bisa ikuti seperti di bawah ini:

  • Tulis e-mail dengan kalimat seperti ini “Lost/Stolen: Please deactivate my account”.
  • Selanjutnya, tulis pula nomor telepon untuk daftar akun WhatsApp, yang terdapat di HP yang hilang. Tulis nomor telepon dalam format internasional secara lengkap dengan ditambah kode negara, misal “+6282123123123” (tanpa tanda kutip).
  • Terakhir, kirim e-mail permohonan menonaktifkan WA yang hilang ke [email protected].

Setelah cara ini diproses dan penonaktifan berhasil, maka akun WhatsApp tidak akan dapat digunakan untuk sementara waktu. Meski demikian, akun WhatsApp yang dinonaktifkan ini tidak sepenuhnya terhapus.

Karena, akun WhatsApp akan dihapus permanen oleh sistem jika dalam 30 hari, pengguna tidak mengaktifkannya kembali.

2. Blokir kartu SIM

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan saat untuk mengamankan akun WhatsApp yang hilang atau dicuri adalah memblokir kartu SIM. Kartu SIM yang diblokir ini adalah kartu SIM yang digunakan untuk mendaftar akun WhatsApp yang digunakan pada HP yang hilang atau dicuri.

Untuk pemblokiran kartu SIM ini, kamu dapat menghubungi provider atau penyedia jasa layanan seluler kartu SIM sesegera mungkin agar kartu SIM yang terpasang pada hp diblokir.

Pemblokiran kartu akan membuat orang lain tidak dapat melakukan verifikasi akun WhatsApp pada HP pengguna. Karena, proses verifikasi ini dilakukan dengan menerima SMS ataupun telepon dengan nomor aktif.

3. Gunakan kartu SIM baru untuk login WhatsApp

Setelah mengajukan blokir kartu SIM, kamu dapat mendatangi gerai operator untuk mengajukan pembuatan kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama dengan nomor yang telah di blokir.

Dengan demikian, kamu dapat mengaktifkan kembali akun WhatsApp dengan nomor lama. Saat kamu login WhatsApp di HP lain dengan kartu SIM baru yang telah didaftarkan ini, maka secara otomatis akun WhatsApp di HP yang lama bisa dinonaktifkan secara otomatis.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan akun WhatsApp di HP yang hilang atau dicuri.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini