Tips Mencuci Motor Listrik agar Aman dari Korsleting Listrik

Yowan R
Selasa 01 Agustus 2023, 12:46 WIB
Ilustrasi mencuci motor listrik (Sumber : polytron.co.id)

Ilustrasi mencuci motor listrik (Sumber : polytron.co.id)

LABVIRAL.COM - Motor listrik tentu saja berbeda dengan motor konvensional baik dari segi mesin hingga perawatan yang harus dilakukan. Salah satu perawatan khusus yang harus diberikan pada motor listrik adalah cara mencucinya.

Meskipun saat mencuci motor listrik ini caranya tidak jauh berbeda dengan mencuci motor konvensional, tapi jika mencucinya dengan air bertekanan tinggi tetap harus menggunakan cara khusus. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga baterai dan sistem kelistrikannya agar lebih awet.

Pada dasarnya, motor listrik ini sudah aman jika terkena air. Sebab, hampir semua komponen yang berhubungan dengan listrik sudah tertutup dengan pelindung.

Bahkan, ketika digunakan untuk melewati banjir motor listrik juga diklaim aman. Tapi, tetap saja saat berjalan di tengah genangan air, pengendara juga tetap harus berhati-hati.

Sementara itu, pada saat mencuci sepeda motor disarankan untuk mematikan Miniatur Circuit Breaker (MCB) agar tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik.

Sebagai informasi, MCB merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik, untuk pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor.

Mematikan MCB ini bertujuan agar arus listrik dari baterai ke motor listrik terputus sementara, sehingga saat terjadi arus pendek atau korslet tidak merusak baterai atau dinamo motor listrik.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini