Anti Gaptek! Begini Cara Cek Besaran dan Kecepatan RAM di PC

Yusuf Tirtayasa
Rabu 02 Agustus 2023, 18:28 WIB
Ilustrasi RAM (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi RAM (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Random Access Memory (RAM) adalah memori jangka pendek yang digunakan komputer personal (PC) untuk menjalankan aplikasi dan membuka file. 

Semua aplikasi terbuka, file, dan data lainnya disimpan di sini untuk akses cepat. RAM berbeda dengan SSD atau hard drive komputer Anda , yang jauh lebih lambat dari RAM. Saat Anda meluncurkan program atau membuka file, file tersebut dipindahkan dari penyimpanan sistem Anda ke RAM-nya.

Semakin besar RAM yang dimiliki komputer Anda, maka menjalankan program dengan file berukuran besar akan terasa ringan.

Juga semakin banyak yang dapat Anda lakukan sekaligus dalam satu waktu sehingga multitasking menjadi lancar.

Jika Anda tidak memiliki cukup RAM untuk membuka aplikasi, sistem Anda akan melambat karena Windows (atau sistem operasi lain) harus memindahkan data masuk dan keluar dari file halaman pada drive sistem Anda. 

Baca Juga: Cara Screenshot di Komputer Windows dengan Mudah

Berapa banyak RAM yang Anda butuhkan tergantung pada apa yang Anda lakukan. Anda memerlukan lebih banyak RAM untuk memainkan game PC terbaru, menjalankan mesin virtual , dan mengedit video 4K.

Untungnya, kita tidak perlu repot sampai membongkar komputer untuk sekedar mengetahui seberapa besar ruang penyimpanan RAM yang dimiliki.

Nah, jika Anda termasuk gagap teknologi alias gaptek, terdapat cara memeriksa seberapa besar RAM yang telah terinstal pada sistem. Berikut caranya seperti diansir dari howtogeek.com:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini