Kamu Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak ada Suara saat Memutar Video

Yowan R
Rabu 02 Agustus 2023, 23:22 WIB
Laptop tidak muncul suara saat putar video (Sumber : Labviral.com)

Laptop tidak muncul suara saat putar video (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan oleh banyak orang. Apalagi di era yang serba digital ini, dimana banyak pekerjaan yang dilakukan dengan sistem online

Terutama bagi mereka para pekerja ataupun mahasiswa yang sering melakukan pekerjaan atau mengerjakan tugas menggunakan laptop. Bahkan, tak sedikit juga yang memanfaatkan laptop untuk sekedar saran hiburan seperti bermain game, mendengarkan musik atau untuk menonton film saja.

Karena laptop merupakan perangkat elektronik, jadi bukan hal mustahil jika suatu saat laptop akan mengalami masalah seperti tidak muncul saat suara memutar video. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan audio atau speaker pada perangkat tersebut.

Jika hal ini terjadi pada laptop yang kamu gunakan, kamu nggak perlu khawatir dan terburu-buru untuk membawanya ke tempat servis. Kamu dapat memeriksa dulu permasalahannya, kemudian kamu dapat mencoba beberapa cara seperti yang akan Labviral.com berikan berikut ini untuk mengatasi masalah tidak muncul suara saat memutar video di laptop.

Cara mengatasi laptop tidak ada suara saat memutar video

Laptop yang tidak muncul suara saat memutar video ini tidak selalu terjadi karena adanya kerusakan pada perangkat keras atau speakernya. Bisa saja masalahnya berasal dari software atau perangkat lunaknya, seperti mengalami bug, masalah pada driver hingga pengaturan sistem operasi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa ikuti cara seperti di bawah ini:

1. Periksa pengaturan audio laptop

Laptop yang tidak ada suara memutar video bisa jadi karena ada perubahan pada pengaturan audio yang terjadi karena bug. Biasanya, bug ini akan membuat pengaturan audio jadi disable atau tidak diizinkan, sehingga suaranya tidak keluar.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka pengaturan pada laptop
  • Pilih bagian pengaturan suara
  • Pilih 'Manage sound devices'
  • Ubah bagian 'Disable' jadi 'Enable'.

2. Cek pengaturan umum

Selain pengaturan khusus audio, kamu juga dapat mencoba untuk cek pengaturan umum di laptop. Sebab, bisa saja ada perubahan aturan yang tidak sengaja membuat pengaturan audio jadi berubah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini