YouTube Shorts Siap untuk Saingi TikTok dengan Fitur Baru

Yowan R
Kamis 03 Agustus 2023, 13:35 WIB
YouTube Shorts (Sumber : pinterest.com)

YouTube Shorts (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL.COM - YouTube siapkan fitur baru pada YouTube Shorts untuk membantu para penggunanya semakin kreatif dalam membuat konten-konten untuk YouTube Shorts.

YouTube setidaknya memberikan enam fitur baru untuk YouTube Shorts yang meliputi fitur untuk remix (menggabungkan) video, efek dan stiker baru, hingga dukungan siaran langsung (live) dengan orientasi vertikal untuk membantu para konten kreator agar siaran langsungnya mudah ditemukan di feed utama Shorts.

"Collab adalah alat kreasi baru yang memungkinkan Anda merekam video Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya," seperti dikutip dari blog YouTube.

YouTube juga mengklaim Shorts kini telah memiliki penonton lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang mendorong peluncuran lebih banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman Shorts bagi para kreator.

Fitur yang hadir di YouTube Shorts ini seperti ‘Collab” yang berguna bagi kreator untuk merekam Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya.

Fitur ini bergabung dengan alat editing lainnya, seperti Green Screen dan Cut, yang memungkinkan kreator memotong klip berdurasi hingga lima detik dari video YouTube atau Shorts untuk di-remix ke dalam Shorts.

Fitur Collab juga menawarkan berbagai opsi tata letak yang berdampingan untuk format layar terpisah dan tersedia dari opsi “Remix” yang sama dalam satu video. Fitur ini pertama kali akan dirilis terlebih dahulu di iOS dan Android akan mendapatkan setelahnya.

YouTube juga menambahkan stiker Tanya Jawab (QNA) yang memungkinkan para kreator untuk mengajukan pertanyaan kepada audiens mereka dan mendapatkan tanggapan di kolom komentar.

Nantinya, kreator juga akan dapat membalas komentar dengan video pendek untuk melanjutkan percakapan fitur yang mirip dengan fitur dari TikTok. ***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini