Aplikasi Membantu Sembuh dari Kecanduan Media Sosial

Yowan R
Jumat 04 Agustus 2023, 18:22 WIB
Ilustrasi aplikasi-aplikasi media sosial di smartphone (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi aplikasi-aplikasi media sosial di smartphone (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Hampir setiap pengguna smartphone pasti memiliki aplikasi media sosial, bahkan mereka minimal memiliki 1 aplikasi media sosial. Selain digunakan untuk hiburan, media sosial ini juga digunakan sebagai media untuk berkomunikasi dengan kerabat ataupun teman online.

Meskipun demikian, tak sedikit pengguna smartphone yang kecanduan dengan bermain media sosial ini sehingga menghambat produktivitas mereka.

Hal ini biasanya terjadi saat pengguna smartphone membuka perangkatnya dan membuka satu aplikasi tanpa rencana dan tanpa disadari telah bermain aplikasi media sosial hingga waktu berjam-jam. Inilah yang disebut sebagai kecanduan aplikasi media sosial.

Jika kamu menjadi salah satu pengguna smartphone yang tengah mengalami kecanduan bermain media sosial dan ingin segera lepas dari kecanduan tersebut, kamu dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang tersedia untuk membantu lepas dari kecanduan media sosial.

Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Langsung saja simak selengkapnya daftar aplikasi untuk membantu lepas dari kecanduan media sosial yang akan Labviral.com berikan berikut ini.

1. App Detox

App Detox merupakan salah satu yang aplikasi yang dapat membantumu lepas dari kecanduan bermain media sosial. Cara kerja aplikasi ini adalah membatasi atau memblokir penggunaan aplikasi tertentu di smartphone.

Dengan aplikasi App Detox, kamu dapat menetapkan batas yang memungkinkan kamu hanya dapat membuka aplikasi pada waktu tertentu saja. AppDetox menawarkan beberapa pilihan untuk kamu buat dan aturan untuk diikuti. Kemudian, kamu bisa melacak semuanya selama detoksifikasi digital, termasuk pelanggaran yang kamu lakukan.

2. Offtime

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu lepas dari kecanduan bermain media sosial selanjutnya adalah Offtime. Offtime ini merupakan aplikasi yang memiliki cara kerja membatasi penggunaan media sosial pada smartphone.

Pembatasan tersebut dilakukan dengan cara melacak penggunaan waktu media sosial dan membandingkannya dengan penggunaan smartphone. Dengan cara ini kamu dapat dengan mudah mengatur jadwal kapan kamu harus beristirahat memainkan media sosial.

3. Flipd

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini