Cara Downgrade iOS 16 ke 15  yang Aman dan Data Tidak Hilang

Yowan R
Jumat 04 Agustus 2023, 18:52 WIB
Downgarade iOS 16 ke iOS 15 (Sumber : Labviral.com)

Downgarade iOS 16 ke iOS 15 (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita tahu, Apple selalu memberikan pemutakhiran sistem operasi yang digunakan pada perangkat yang mereka produksi seperti iOS pada iPhone dan iPad. Saat ini sistem operasi iOS sudah mencapai versi iOS 16 yang menjadi versi termutakhir.

Pemutakhiran atau pembaruan pada sistem operasi ini bertujuan untuk meningkatkan performa perangkat, menghapus bug pada sistem operasi versi sebelumnya dan masih banyak lagi.

Sayangnya, untuk pembaruan pada iOS versi 16 ini justru banyak mendapatkan keluhan dari pada penggunanya. Beberapa pengguna mengeluh jika perangkat mereka justru menjadi lebih lemot setelah sistem operasi iOS mereka di upgrade ke iOS 16.

Alhasil para pengguna perangkat dari Apple ini memutuskan untuk berpindah sistem operasi dari iOS 16 ke versi sebelumnya, yaitu iOS 15 dengn cara downgrade. Tapi, untuk downgrade iOS pada perangkat iPhone ini cukup sulit dilakukan. Sebab, Apple tidak menyediakan fitur downgrade sistem operasi pada perangkat mereka secara langsung. Hanya beberapa perangkat saja yang mendapatkan fitur ini.

Untuk melakukan downgrade sistem operasi iOS 16 ke 15 pada umumnya, harus dilakukan dengan perangkat tambahan seperti laptop atau komputer. Penasaran seperti apa cara untuk downgrade iOS? Langsung saja ikuti langkah-langkah yang akan Labviral.com berikan di bawah ini.

1. Downgrade iOS 16 ke 15 via iTunes

Cara pertama ini mengharuskanmu memiliki aplikasi iTunes. Jadi, bisa instal di perangkat desktop terlebih dahulu, ya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka iTunes di laptop atau komputer.
  • Sambungkan iPhone menggunakan kabel data.
  • Masuk ke menu 'Recovery Mode' pada iPhone, dengan cara tekan tombol volume atas dan volume bawah secara cepat dan bergantian. Lalu, tekan dan tahan hingga pilihan mode pemulihan muncul.
  • Di komputer, iTunes akan memunculkan pesan bertuliskan "Detected an iPhone in recovery mode. You must restore this iPhone before it can be used with iTunes/Finder".
  • Tekan tombol 'Restore iPhone' di iTunes sambil menahan tombol 'Option' untuk pengguna MacBook atau 'Shift' pada Windows.
  • Pilih file iOS IPSW versi sebelumnya untuk iPhone
  • Selanjutnya, pop up konfirmasi akan muncul.

Begitu kamu memberikan akses, maka downgrade akan berlangsung. Proses ini hanya bisa dibatalkan dengan mencabut kabel data dari iPhone atau perangkat komputer

2. Downgrade iOS 16 ke iOS 15 via pengaturan

Selain dengan cara diatas, kamu dapat melakukan downgrade iOS 16 ke iOS 15 dengan cara mengakses melalui menu Pengaturan. Cara downgrade iOS 16 ke 15 dilakukan tanpa perlu menginstal iTunes di perangkat desktop. Namun, opsi ini hanya berlaku di beberapa tipe iPhone saja.

  • Buka 'Pengaturan' di iPhone.
  • Masuk ke menu 'General' atau 'Umum'.
  • Pilih 'VPN & Device Management'.
  • Klik 'iOS 16 Beta Software Profile'.
  • Ketuk 'Remove Profile'.

Langkah ini hanya berlaku saat kamu mengikuti trial beta. Dari pada dengan cara kedua, cara pertama lebih disarankan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini