Apa Sih Fungsi Akun Centang Hijau WhatsApp?

Yowan R
Jumat 04 Agustus 2023, 20:31 WIB
Centang hijau WhatsApp (Sumber : Labviral.com)

Centang hijau WhatsApp (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Baru-baru ini ramai di media sosial, sejumlah pengguna WhatsApp menerima pesan berantai yang melarang untuk membuka pesan dari akun bernama WhatsApp. Akun bernama WhatsApp ini juga memiliki logo yang sama dan disertai dengan centang berwarna hijau.

Pada pesan tersebut disertai juga tangkapan layar pesan dari akun WhatsApp yang berisi soal penambahan layer tambahan untuk keamanan WhatsApp.

Chat WA yang disertai tangkapan layar tersebut dilengkapi dengan keterangan yang berbunyi “Bila menerima notifikasi seperti di atas (dilingkari), harap jangan dibuka. Bukan dari WhatsApp tapi dari hacker!!!”.

Tapi, sebenarnya WhatsApp juga telah meluncurkan akun resmi untuk chat. Akun tersebut biasanya mengirimkan chat resmi berisi informasi langsung dari platform.

Untuk ciri-ciri akun WhatsApp yang resmi ini ditandai dengan centang hijau dan memiliki deskripsi “Akun WhatsApp Resmi”. Selain itu, akan ada juga pesan berisi informasi untuk mempelajari soal lebih lanjut. Akun resmi WhatsApp juga menjelaskan jangan menerima pesan dari akun yang tidak memiliki ciri tersebut.

“Jika Anda menerima pesan chat dari akun tanpa tanda centang hijau yang mengaku sebagai WhatsApp, itu adalah penipuan. Jangan pernah membalas akun yang berpura-pura sebagai WhatsApp. Harap laporkan dan blokir nomor tersebut,” pesan WhatsApp.

Selain akun WhatsApp resmi, akun-akun resmi lainnya di WhatsApp juga biasanya memiliki centang hijau. Karena itu, para pengguna WhatsApp harus waspada dan bisa membedakan akun centang hijau yang resmi dan akun centang hijau yang dibuat oleh para pelaku penipuan.

Ciri-ciri akun WhatsApp centang hijau yang resmi adalah sebagai berikut:

  • Chat WhatsApp resmi ditandai dengan tanda centang hijau terverifikasi dan memiliki deskripsi "Akun WhatsApp Resmi".
  • Jika kamu menerima obrolan dari akun resmi WhatsApp, pengguna akan melihat pesan sistem ini: "Ini adalah akun resmi WhatsApp. Ketuk untuk mempelajari lebih lanjut".
  • Pengguna tidak dapat mengirim pesan ke chat ini dan tidak akan diminta untuk memberikan informasi pribadi apapun.***
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini