Mana yang Lebih Mahal, Biaya Perawatan Mobil Transmisi Manual atau Matic?

Yowan R
Sabtu 05 Agustus 2023, 20:40 WIB
Mobil Matic vs Mobil Transmisi Manual (Sumber : Labviral.com)

Mobil Matic vs Mobil Transmisi Manual (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Perawatan mobil dengan transmisi manual dan mobil dengan transmisi matic, terkadang menjadi salah satu acuan atau perbandingan sebelum seseorang memutuskan untuk membeli satu diantara dua jenis mobil tersebut.

Dari sisi pengoperasiannya, mobil transmisi matic jauh lebih mudah dan praktis dari mobil dengan transmisi manual sehingga cukup memanjakan para pengemudinya. Jadi, bukan hal yang aneh jika lebih banyak orang yang lebih memilih mobil matic ini untuk penggunaan harian.

Tapi, beredar kabar jika perawatan mobil transmisi matic ini justru lebih mahal dari mobil transmisi manual, sehingga konsumen juga harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli mobil, apakah akan membeli mobil matic atau mobil transmisi manual.

Lalu, apa benar perawatan mobil matic ini lebih mahal? Kamu bisa simak jawaban selengkapnya di bawah ini yang akan Labviral.com berikan.

Perawatan mobil matic lebih mahal dari perawatan mobil manual ini bukanlah hal yang salah. Sebab, tak sedikit perawatan mobil matic ini memakan biaya hingga belasa juta rupiah. Beda halnya dengan perawatan mobil transmisi manual yang relatif terjangkau.

Biaya perawatan mobil transmisi manual bisa lebih murah dari mobil matic ini karena mobil manual lebih minim perawatan dan jarang rusak. Komponen mobil manual yang sering diganti hanya kanvas kopling, dan oli transmisi saja karena usia pakainya lebih pendek dari mobil matic.

Jika pada mobil matic usia kanvas koplingnya bisa mencapai waktu lima tahun hingga 10 tahun pemakaian, pada mobil manual usia kanvas koplingnya hanya sekitar dua tahun pemakaian saja.

Jika mengacu pada buku panduan servis mobil berkala, penggantian oli transmisi manual setiap 40 ribu km termasuk penggantian komponen sesuai ketentuan, contohnya pada mobil Toyota Avanza versi transmisi manual harus melakukan penggantian oli transmisi setiap kelipatan 40 ribu km dengan biayanya sekitar Rp2 jutaan.

Sementara itu, untuk mobil matic dengan contoh Toyota Avanza versi matic juga mesti diganti oli transmisinya per 40 ribu km dengan biayanya Rp2,1 juta.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini