Asap Putih Muncul dari Knalpot Saat Dipanasi? Berikut Beberapa Penyebabnya

Yowan R
Rabu 09 Agustus 2023, 13:56 WIB
Ilustrasi asap putih yang keluar dari knalpot motor saat dipanasi (Sumber : evalube.com)

Ilustrasi asap putih yang keluar dari knalpot motor saat dipanasi (Sumber : evalube.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor yang muncul asap berwarna putih dari knalpot pada saat mesin dingin atau pada saat mesin dipanasi, berarti menunjukan adanya beberapa komponen mesin yang bermasalah sehingga menjadi penyebab munculnya asap putih.

Asap putih yang muncul dari knalpot kemungkinan besar terjadi karena adanya oli mesin yang ikut terbakar di dalam ruang bakar mesin. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka oli akan berkurang atau lebih parahnya lagi oli dapat habis karena terbakar.

Perlu diingat munculnya asap putih pada knalpot motor saat mesin dingin atau dipanasi ini yang dimaksud adalah pada mesin 4 tak. Sebab, umumnya mesin 4 tak yang kondisinya normal tidak akan mengeluarkan asap berwarna putih dalam kondisi stasioner atau digeber saat dipanasi.

Beberapa komponen yang biasanya dicurigai sebagai penyebab muncul asap putih ini adalah ring piston yang sudah lemah atau piton dan dinding silinder yang sudah tergores.

Jika asap putih yang muncul karena disebabkan oleh bagian piston dan ring piston, biasanya asap putih akan muncul terus menerus, baik dalam kondisi mesin dingin ataupun saat sepeda motor dikendarai.

Ilustrasi sil klep sepeda motorIlustrasi sil klep sepeda motor (Sumber: pinterest.com)

Sementara itu, jika asap putihnya hanya muncul saat mesin dingin atau saat motor dipanasi ini, kemungkinan besar penyebabnya berasal dari sil klep yang berada di silinder head sudah aus.

Karena, saat mesin dingin batang klep belum memuai sehingga ada oli yang merembes masuk ke ruang bakar melalui sil klep yang sudah aus atau lemah tadi.

Jika motor yang kamu miliki muncul asap putih saat dipanasi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada bagian silinder head dan lakukan penggantian sil klep agar masalah teratasi.

Selain asap putih, sil klep aus juga mengakibatkan payung kleng memiliki endapan kerak oli saat silinder head dibuka.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini