Kenali Lebih Dulu Sebelum Memakainya, Ini Keunggulan Busi Iridium yang Perlu Kamu Tahu!

Yowan R
Rabu 09 Agustus 2023, 16:36 WIB
Ilustrasi busi iridium (Sumber : NGK Busi)

Ilustrasi busi iridium (Sumber : NGK Busi)

LABVIRAL.COM - Bagi kamu para pemilik sepeda motor yang ingin mengganti busi standar dengan busi iridium untuk motor harian, pastikan untuk mengetahui apa saja keunggulan dari busi iridium ini.

Sebelum tahu apa saja keunggulannya, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan antara busi standar atau bawaan motor dengan busi iridium ternyata bisa dilihat dari elektrodanya.

Pada elektroda pusat dan elektroda ground busi iridium, bahan penyusunnya terbuat dari iridium, sedangkan pada busi bawaan motor terbuat dari nikel dan ada juga yang sudah terbuat dari platinum.

Sebagai informasi, iridium merupakan unsur kimia yang memiliki nomor atom 77 dan dikenal dengan tingkat kekerasannya. Tapi, iridium juga bisa sangat rapuh dalam keadaan alaminya.

Sementara itu, untuk kelebihan dari busi iridium ini bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini.

Keunggulan busi iridium

Keunggulan pertama dari busi iridium dibandingkan dengan busi nikel dan platinum adalah percikan api yang dihasilkan jauh lebih stabil dan lebih besar. Percikan api yang lebih stabil dan besar ini membuat proses pembakaran pada mesin menjadi lebih optimal sehingga motor memiliki tarikan yang lebih responsif.

Keunggulan selanjutnya dari busi iridium adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini disebabkan oleh percikan api yang lebih stabil dan lebih besar, sehingga pembakaran dapat bekerja lebih maksimal dan tidak menyisakan terlalu banyak bahan bakar yang terbuang.

Busi iridium membuat kendaraan menjadi semakin awet karena Elektroda tengah pada iridium yang sangat halus akan bekerja keras untuk mendapatkan pengalaman pengapian terbaik. Sebagian besar pengemudi melihat peningkatan performa mesin secara langsung setelah menggantinya dengan busi iridium.

Karena ada sedikit dispersi pada komponen ini, kondisi idling kendaraan juga menjadi lebih stabil sesudahnya. Pada intinya, kendaraan akan semakin terawat jika dibandingkan dengan menggunakan busi standar.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini