Segera Ganti Ban Motormu Jika Sudah Muncul Beberapa Ciri-ciri Seperti di Bawah Ini

Yowan R
Rabu 09 Agustus 2023, 19:16 WIB
Ilustrasi tanda segitiga kecil TWI ban motor sebagai indikator ban motor harus diganti (Sumber : youtube.com/DSM Project)

Ilustrasi tanda segitiga kecil TWI ban motor sebagai indikator ban motor harus diganti (Sumber : youtube.com/DSM Project)

LABVIRAL.COM - Ban motor merupakan satu-satunya komponen pada sepeda motor yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Karena itu, ban motor harus selalu mendapatkan perhatian dan pengecekan agar tidak membahayakan pengendara.

Ban motor yang harus diganti biasanya akan muncul beberapa ciri-ciri. Ciri-ciri ini wajib diketahui oleh para pengendara motor agar keselamatan berkendara tetap terjaga.

Nah, untuk saat ini hampir semua motor keluaran terbaru sudah menggunakan ban dengan tipe tubeless. Meskipun ban tubeless ini lebih mahal dari ban biasa, ban tubeless memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ban jenis tube type. Salah satu kelebihan ban tubeless ini adalah tidak mudah kempes.

Nah, seiring dengan pemakaiannya ban motor ini akan menjadi gundul. Ban motor yang gundul ini menjadi satu dari beberapa ciri-ciri kapan ban motor harus diganti.

Ban motor yang gundul tentu dapat membahayakan pengendaranya, termasuk berpotensi menimbulkan kecelakaan. Sebab, ban motor yang gundul ini akan mengurangi kemampuan ban motor untuk mencengkram permukaan permukaan jalan. Jika dikendarai di atas permukaan yang berpasir atau berkerikil, gaya gesek ban terhadap tanah tidak akan maksimal.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ciri-ciri ban motor yang haru diganti selengkapnya di bawah ini.

1. Alur kembang yang menipis

Alur garis yang terdapat pada ban ini bukanlah tanpa fungsi. Alur bergaris ini berguna untuk memecah genangan air saat melintas, sehingga lajur ban tetap terkontrol saat hujan atau melintas pada jalanan becek.

Jika alur kembang ban motor sudah tampak menipis atau bahkan tidak terlihat lagi, tentu menandakan bahwa ban motor sudah gundul atau botak.

Idealnya, waktu mengganti ban sekitar 1 hingga 2 tahun. Namun, jika motor sering digunakan untuk menempuh jarak jauh, tak perlu menunggu sampai masanya, cukup cek alur kembang pada ban motormu.

2. Mencapai TWI

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini