Tips Merawat Remote Smart Key Sepeda Motor

Yowan R
Jumat 11 Agustus 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi smart key system (Sumber : astra-honda.com)

Ilustrasi smart key system (Sumber : astra-honda.com)

LABVIRAL.COM - Saat ini sepeda motor keluaran terbaru sebagian besar telah dilengkapi dengan teknologi canggih dan mutakhir seperti, smart key system. Teknologi ini memungkinkan para pengendara untuk menyalakan mesin motor tanpa menggunakan kunci kontak manual pada umumnya.

Contoh sepeda motor yang telah menggunakan smart key system ini adalah Yamaha NMAX, Yamaha Aerox, Yamaha GEAR 125, Honda Vario, Honda PCX, Honda ADV serta beberapa sepeda motor lainnya.

Smart Key System pada sepeda motor ini memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai Answer Back System untuk mempermudah pengendara dalam mencari posisi motor dalam radius 20 meter dan Immobilizer yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan sepeda motor saat diparkiran. Karena, fitur ini hanya dapat digunakan untuk menyalakan sepeda motor jika ada remote dengan jangkauan maksimal 80 cm.

Meskipun hanya berbentuk remote, namun seiring dengan pemakaiannya komponen ini tentunya juga dapat mengalami kerusakan. Selain karena waktu pemakaian, cara pemakaian juga menjadi salah satu faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan pada remote smart key system sepeda motor.

Karena itu, para pemilik wajib merawat remote smart key system. Untuk perawatan smart key system sepeda motor ini, kamu bisa ikuti beberapa tips seperti berikut ini yang dikutip dari laman Yamaha:

  • Pastikan remote tidak terjatuh dan selalu dalam kondisi kering. Remote sebagai pemberi sinyal, meskipun sudah dilengkapi seal anti air, pastikan remote selalu kering dari air sebelum dinyalakan untuk mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek.
  • Hindari Radiasi Elektromagnetik. Hindari kebiasaan meletakkan SKS di sekitar benda dengan radiasi elektromagnetik yang tinggi, seperti handphone, televisi, pemancar sinyal, dan sejenisnya. Hal ini berpotensi mengganggu sinyal pada remote SKS.
  • Selalu pastikan telah menekan tombol off pada remote setelah mematikan sepeda motor. Jika remote tidak dalam kondisi off atau masih menyala setelah motor mati, sinyal dari remote akan terus memancar sehingga menguras baterai remote. Pada Yamaha Gear 125, setelah motor dimatikan remote akan memberikan notifikasi pengingat kepada pengendara untuk mematikan remote.
  • Selalu cek baterai remote. Jika radius remote dengan sepeda motor terlalu pendek saat digunakan maka disarankan untuk segera mengganti baterai pada remote.
  • Pastikan selalu mengingat / menyimpan nomor pin smart key. Hal ini mempermudah konsumen untuk menginformasikan kepada dealer jika terjadi kehilangan kunci.
  • Hindari menyimpan remot di bagasi motor atau rak pada motor. Hal ini agar tidak tidak tertinggal ataupun hilang. Jika kehilangan kunci, konsumen harus mengganti smart unit, SGCU, dan remote control.
  • Selalu cek kebersihan soket dan jalur kabel pada smart unit sebagai penerima sinyal untuk menghindari terjadinya korsleting.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat remote smart key system sepeda motor agar tidak cepat rusak.***

 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini