Motor Milikmu Mogok di Jalan? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Yowan R
Sabtu 12 Agustus 2023, 01:42 WIB
Ilustrasi sepeda motor mogok di jalan (Sumber : mpmhondajatim.com)

Ilustrasi sepeda motor mogok di jalan (Sumber : mpmhondajatim.com)

LABVIRAL.COM Sepeda motor yang mogok di jalan bisa terjadi karena berbagai macam penyebab. Mulai dari masalah mesin, kelistrikan hingga kehabisan bahan bakar. Jika kamu menjadi salah satu dari sekian banyak para pengendara motor yang mengalami hal ini, tentunya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak panik di jalan.

Daripada penasaran apa saja penyebab dan cara mengatasinya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab dan cara mengatasi motor mati mendadak

1. Kehabisan bahan bakar

Penyebab motor mati mendadak yang pertama dan paling sering dialami oleh para pengendara motor adalah kehabisan bahan bakar. Seperti yang kita ketahui, bahan bakar adalah komponen penting pada motor. Tanpa adanya bahan bakar yang cukup tentu mesin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi motor mogok karena kehabisan bahan bakar, tentu saja kamu harus mencari penjual bahan bakar atau SPBU terdekat untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar.

2. Mesin motor terlalu panas (overheat)

Selain kehabisan bahan bakar, motor yang mogok di jalan juga bisa disebabkan karena mesin motor yang terlalu panas, kondisi ini bisa juga disebut dengan overheat. Mesin motor yang overheat umumnya terjadi karena kipas pendingin mati, oli pada mesin mengalami kebocoran atau tersumbat, serta penggunaan mesin yang terlalu lama.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengistirahatkan motor dalam beberapa saat dan lakukan perawatan rutin pada sistem pendinginan serta menjaga suhu mesin tetap stabil.

3. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai anjuran

Setiap jenis kendaraan memiliki spesifikasi khusus yang diperuntukan untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi prima, termasuk dalam pengisian bahan bakar.

Pengisian bahan bakar yang tidak sesuai, seperti nilai oktan yang terlalu rendah mengakibatkan penyumbatan pada klep yang berujung terjadinya kerusakan mesin dan menjadi penyebab motor mati mendadak.

4. Filter udara kotor

Filter udara pada sepeda motor, harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari penyumbatan pada mesin. Sebab, filter udara memiliki fungsi yang cukup krusial, yaitu menyaring debu dan kotoran agar tidak bercampur dengan bahan bakar.

Saat debu yang menempel pada filter udara terlalu banyak dan bertumpuk, tarikan gas akan terasa lebih berat dan berpotensi menjadi penyebab mesin motor mati mendadak.

5. Busi kotor

Busi motor yang kotor juga dapat menjadi penyebab motor mati mendadak. Kasus ini ditandai dengan suara pada motor terdengar seperti ‘brebet’ lalu motor akan mati mendadak. Ciri lain dari busi yang kotor adalah kemunculan percikan api berwarna merah. Penanganannya adalah dengan mengganti busi tersebut dengan busi yang baru dan sesuai speifikasi mesin.

6. Kabel busi bermasalah

Selain busi kotor, kabel busi yang bermasalah juga menjadi penyebab motor mati mendadak. Sebab, kabel yang bermasalah akan mengeluarkan percikan listrik yang membuat arus listrik pada motor menghilang, sehingga busi tidak memercikan api dan pembakaran  di dalam mesin akan terhenti. Jika sudah begini, motor milikmu harus segera diservis untuk dapat kembali berfungsi normal.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan

Sabtu 25 Maret 2023, 11:24 WIB
Motor Mogok Mendadak, Ada 5 Permasalahan
Berita Terkini