Pemilik Wajib Tahu, Begini Cara Merawat Komponen Pengereman Sepeda Motor yang Benar!

Yowan R
Senin 14 Agustus 2023, 23:49 WIB
Ilustrasi rem cakram dan rem tromol pada sepda motor (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi rem cakram dan rem tromol pada sepda motor (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor tentu saja membutuhkan perawatan. Meskipun sedikit sulit perawatan sepeda motor tetap harus dilakukan. Motor yang jarang dirawat sudah pasti akan cepat rusak dan nantinya malah harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Salah satu komponen penting sepeda motor yang harus dirawat adalah rem. Seperti yang kita tahu, sepeda motor sendiri memiliki dua tipe pengereman yang sering digunakan, yaitu rem cakram dan rem tromol.

Nah, untuk melakukan perawatan pada rem sepeda motor ini tentunya memiliki cara yang berbeda, sesuai dengan jenis rem yang digunakan. Baik itu jenis rem cakram ataupun rem tromol.

Dari segi cara kerjanya saja, kedua jenis rem ini sudah sangat berbeda apalagi komponen yang digunakan. Karena itu perawatannya pun dilakukan secara berbeda, meskipun tujuan tetap menjaga kondisi rem agar tidak membahayakan keselamatan si pengendara.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk merawat komponen rem pada sepeda motor? dari pada penasaran bagaimana caranya, langsung saja simak penjelasan dari Labviral.com berikut ini.

Cara merawat rem cakram sepeda motor

1. Periksa minyak rem secara berkala

Pemeriksaan ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi minyak rem agar kinerja rem cakram tetap optimal. Selain pemeriksaan, minyak rem juga tentunya perlu diganti setiap dua tahun sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 24.000 km. Minyak rem yang kualitasnya sudah menurun akan berwarna gelap, jika sudah begini minyak rem wajib diganti dengan yang baru.

2. Periksa kondisi kaliper

Pastikan pada sepeda motor yang kamu miliki kondisi kalipernya masih bagus. Jika kalipernya bermasalah, efeknya akan berpengaruh pada sistem pengeremannya.

Parahnya lagi jika kaliper rem bermasalah, rem motor bisa blong tiba-tiba. Tentu saja sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan.

3. Bersihkan kaliper rem

Karena rem cakram ini posisinya terbuka, risiko terkena kotoran sangatlah tinggi. Saat kaliper rem kotor, kinerja rem juga menjadi tidak maksimal, karena itu segera lakukan pembersihan pada kaliper rem.

Cara merawat rem tromol sepeda motor

1. Bersihkan kabel dan baut atau kawat rem

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini