Penyebab Utama Ban Sepeda Motor Mudah Bocor yang Sering Bikin Kesal

Yowan R
Selasa 15 Agustus 2023, 20:31 WIB
Ilustrasi ban motor yang bocor (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi ban motor yang bocor (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Ban motor yang mudah bocor terkadang menjadi salah satu momok yang mengesalkan bagi para bikers. Bagaimana tidak, jika ditengah perjalanan ban motor tiba-tiba bocor dan jauh dari tukang tambal ban, otomatis perjalanan akan terhambat atau malah lebih parahnya tidak bisa lagi melanjutkan perjalanan.

Penyebab ban motor yang bocor ini bisa datang dari beberapa hal yang mungkin tidak disadari oleh pemilik motor. Umumnya para pengendara motor baru sadar ketika mendapati ban tiba-tiba kempes atau mengalami bocor halus. Padahal, baru saja kemarin ban ditambah angin.

Karena itu, para pengendara sepeda motor harus tahu apa saja penyebab utama ban motor menjadi mudah bocor. Apa saja penyebabnya? Langsung saja simak penjelasan dari Labviral.com selengkapnya berikut ini.

1. Kondisi ban yang sudah jelek

Dikutip dari laman Wahana Honda, ban sepeda motor yang mudah bocor umumnya disebabkan oleh kondisi ban yang sudah jelek karena sudah lama usia pakainya, kemudian lapisannya menipis, akhirnya mempengaruhi kualitasnya ketika berotasi menempel dengan permukaan jalan. 

Ban yang sudah jelek ini biasanya akan mengakibatkan ban motor menjadi mudah bocor halus. Ketika terjadi perubahan suhu baik itu diparkir di bawah terik matahari kemudian basah karena hujan, ban bisa menjadi getas, lalu retak dan potensi bocor halus bisa terjadi.

Satu-satunya penanganan ban motor yang sudah jelek ini adalah diganti dengan ban yang baru.

2. Membentur benda tajam

Penyebab utama ban motor bocor selanjutnya adalah membentur benda tajam seperti bebatuan hingga membentuk lubang kecil yang tak kasat mata. Tanpa disadari ini akhirnya bisa menyebabkan bocor halus.

Pada kasus lain, jika motor sering digunakan untuk melewati jalan dengan bebatuan tajam, ban bisa langsung sobek karena tak kuat menahan tekanan.

3. Velg yang penyok

Selain dari dua hal di atas, penyebab lain ban menjadi mudah bocor adalah deformasi velg yang artinya velg sudah tidak lagi mulus permukaan bibirnya alias penyok.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini