Perbandingan Vespa Elettrica dengan Primavera, Apa Saja Bedanya?

Yowan R
Rabu 16 Agustus 2023, 20:55 WIB
Ilustrasi Vespa Elettrica dan Vespa Primavera (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi Vespa Elettrica dan Vespa Primavera (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Vespa Elettrica kini resmi diluncurkan di Indonesia dan dipamerkan di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Yang paling menarik dari Vespa Elettrica ini adalah memiliki body yang sama dengan body yang digunakan oleh Vespa Primavera. Bahkan, tak sedikit yang menilai jika Vespa Elettrica ini merupakan Vespa Primavera yang diubah mesinnya saja.

Tapi, pada kenyataannya kedua motor ini di desain sama sekali berbeda. Vespa Elettrica bukanlah hasil konversi dari Vespa Primavera, sebab dari awal Vespa Elettrica memang didesain sebagai motor listrik.

Dari segi desainnya, bodi kedua Vespa ini tampil identik mulai dari model lampu utamanya yang bulan dan sudah menggunakan LED. Hanya saja, untuk Vespa Elettrica ada sedikit perbedaan di bagian detailnya, dimana ada bagian yang dicat berwarna biru.

Bagian yang di cat berwarna biru ini bisa kamu lihat pada bagian bodi depan, mengelilingi bodi yang biasanya berwarna perak. Kemudian, warna biru ini juga terdapat pada bagian dasi dan velg yang menambah kesan elektrik saat dipadukan dengan warna Azzuro Elettrico.

Sementara itu, untuk Vespa Primavera bagian yang berwarna biru pada Elettrica menjadi warna perak atau hitam. Untuk bagian velgnya juga masih polos tanpa ada tambahan warna, kecuali untuk varian Vespa Primavera S dan Color Vibe yang memiliki stiker warna.

Untuk bagian intrument clusternya, Vespa Elettrica menggunakan full TFT berukuran 4,3 inci seperti yang digunakan pada model GTS Supertech dan Justin Bieber. Sedangkan pada Vespa Primavera, masih menggunakan kombinasi analog dan digital.

Perbedaan yang paling kentara diantara kedua Vespa ini tentunya adalah dari dapur pacunya. Vespa Elettrica menggunakan dinamo bertenaga 3,6 kW hingga 4 kW atau sekitar 4,8 TK hingga 5,3 Tk dengan torsi 200 Nm. Dinamo tersebut disokong dengan daya listrik yang ditampung pada baterai 48V 86A.

Sedangkan untuk Vespa Primavera ditenagai dengan mesin konvensional berkapasitas 154,8cc i-Get tersebut menghasilkan tenaga lebih besar. Lebih detail, Primavera menghasilkan 8,7 kW atau setara 11,7 TK dan torsi 12 Nm.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini